7 Oleh-oleh Khas Madiun yang Terkenal

Dwi Latifatul Fajri
3 Mei 2022, 14:05
oleh oleh khas Madiun
Instagram/deteksi
Ilustrasi, nasi pecil, makanan khas Madiun. Selain menikmati kuliner nasi pecel, wisatawan yang berkunjung ke Madiun juga bisa membeli sambel pecel untuk oleh-oleh.

Kota Madiun terkenal dengan nasi pecel khas. Nasi pecel Madiun ini terdiri dari sayuran yang sudah dikukus kemudian disiram bumbu kacang. Nasi pecel khas Madiun ini bisa ditemukan sepanjang jalan kota Madiun.

Selain nasi pecel, kota Madiun memiliki wisata alam dan kuliner yang menarik. Makanan khas Madiun menggunakan sambal pedas untuk pelengkap. Makanan khas Madiun yang bisa dicoba yaitu lontong tahu telur, rujak petis, nasi jotos, dan masih banyak lagi. Makanan khas Madiun ini memiliki rasa pedas dan gurih cocok untuk pecinta pedas.

Tak hanya kuliner, oleh-oleh khas Madiun juga tak kalah enak. Oleh-oleh khas Madiun ini termasuk makanan ringan yang tahan lama untuk bepergian. Berikut 7 rekomendasi oleh oleh khas Madiun.

Oleh-oleh Khas Madiun

1. Mimosa Lemon

Minuman khas Madiun yang bisa dicoba adalah mimosa lemon. Bahan utama sirup mimosa lemon yaitu lemon, gula, aroma, asam sitrat, dan air. Sirup mimosa lemon termasuk sirup legendaris khas Madiun. Minuman ini terasa asam dan manis dari lemon. Sirup ini biasanya dicampur dengan air es dan biji selasih.

2. Lempeng Puli

Kerupuk khas kota Madiun yaitu lempeng puli. Kerupuk ini berwarna kuning, tipis, dan bentuknya persegi panjang.

Bahan kerupuk ini menggunakan nasi yang digepengkan, kemudian dijemur sampai kering. Anda bisa membeli lempeng puli mentah untuk digoreng di rumah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...