7 Oleh-oleh Khas Madiun yang Terkenal

Kota Madiun memiliki nasi pecel sebagai makanan khas. Selain nasi pecel, ada oleh oleh khas Madiun yang populer seperti brem, sambal pecel, hingga madumongso. Berikut penjelasan lengkapnya.
Dwi Latifatul Fajri
3 Mei 2022, 14:05
oleh oleh khas Madiun
Instagram/deteksi
Ilustrasi, nasi pecil, makanan khas Madiun. Selain menikmati kuliner nasi pecel, wisatawan yang berkunjung ke Madiun juga bisa membeli sambel pecel untuk oleh-oleh.

Kota Madiun terkenal dengan nasi pecel khas. Nasi pecel Madiun ini terdiri dari sayuran yang sudah dikukus kemudian disiram bumbu kacang. Nasi pecel khas Madiun ini bisa ditemukan sepanjang jalan kota Madiun.

Selain nasi pecel, kota Madiun memiliki wisata alam dan kuliner yang menarik. Makanan khas Madiun menggunakan sambal pedas untuk pelengkap. Makanan khas Madiun yang bisa dicoba yaitu lontong tahu telur, rujak petis, nasi jotos, dan masih banyak lagi. Makanan khas Madiun ini memiliki rasa pedas dan gurih cocok untuk pecinta pedas.

Tak hanya kuliner, oleh-oleh khas Madiun juga tak kalah enak. Oleh-oleh khas Madiun ini termasuk makanan ringan yang tahan lama untuk bepergian. Berikut 7 rekomendasi oleh oleh khas Madiun.

Oleh-oleh Khas Madiun

1. Mimosa Lemon

Minuman khas Madiun yang bisa dicoba adalah mimosa lemon. Bahan utama sirup mimosa lemon yaitu lemon, gula, aroma, asam sitrat, dan air. Sirup mimosa lemon termasuk sirup legendaris khas Madiun. Minuman ini terasa asam dan manis dari lemon. Sirup ini biasanya dicampur dengan air es dan biji selasih.

Advertisement

2. Lempeng Puli

Kerupuk khas kota Madiun yaitu lempeng puli. Kerupuk ini berwarna kuning, tipis, dan bentuknya persegi panjang.

Bahan kerupuk ini menggunakan nasi yang digepengkan, kemudian dijemur sampai kering. Anda bisa membeli lempeng puli mentah untuk digoreng di rumah.

3. Sambel Pecel

Kota Madiun dikenal dengan sambel pecel pedas dan gurih. Sambel pecel cocok untuk campuran sayuran dan sambal lauk. Sambel pecel ini menggunakan kacang tanah, gula jawa, dan bumbu rempah sebagai bahan. Sambel pecel digunakan untuk campuran sayuran, rujak, dan mie. Sambel pecel khas Madiun memiliki rasa manis dan pedas. Anda bisa membeli makanan ini di pusat oleh-oleh.

4. Madumongso

Makanan ringan manis khas Madiun adalah madu mongso. Makanan ini berbentuk lonjong, tekstur lembek, dan lengket. Madumongso terbuat dari ketan hitam yang difermentasi seperti tape. Rasa manis dari makanan ini karena campuran gula dan santan. Sekilas madumongso seperti dodol tetapi bentuknya lebih lembek.

5. Manco

Kota Madiun memiliki kue khas yang terbuat dari ketan. Kue Manco termasuk makanan tradisional khas Madiun yang populer. Isian dalam kue manco adalah kacang hijau.Kue Manco dibuat dari ketan dan tepung tapioka untuk rasa kenyal. Kue ini dibalut wijen di bagian luarnya.

6. Brem

Brem termasuk makanan populer di kota Madiun. Brem terbuat dari fermentasi sari ketan. Bentuknya persegi panjang pipih. Sedangkan warna brem khas Madiun ini beragam ada hijau, merah muda, dan putih. Ketika digigit brem terasa lembut di lidah.

7. Bluder Cokro

Roti legendaris khas Madiun adalah bluder cokro. Roti ini terbuat dari bahan utama tepung dan telur. Roti bluder memiliki varian rasa kacang, coklat, keju, teh hijau, kismis, blueberry, dan nanas. Roti ini berbentuk coklat dan teksturnya lembut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait