Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian

Siti Nur Aeni
25 April 2022, 17:42
Kue Ogura Oma Opa, salah satu oleh-oleh khas Jogja kekinian
instagram.com/omaopa_cakery
Kue Ogura Oma Opa, salah satu oleh-oleh khas Jogja yang kekinian

Yogyakarta menjadi kota destinasi liburan favorit banyak orang. Saat berlibur ke daerah ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja kekinian. Oleh-oleh kekinian ini umumnya berupa makanan hasil pengembangan dari kuliner tradisional Yogyakata.

Inovasi ini menghasilkan makanan dengan cita rasa modern namun tak kalah lezat dari makanan tradisional Jogja yang melegenda. Perpaduan antara bahan baku lokal dengan inovasi sajian, sukses menghasilkan makanan lezat yang cocok menjadi oleh-oleh. Lantas, apa sajakah oleh oleh khas Jogja yang kekinian? Berikut referensinya.

Oleh Oleh Yogyakarta Kekinian

1. Bakpia Tugu Jogja

Bakpia Tugu Jogja merupakan oleh-oleh khas Jogja kekinian. Jenis bakpia ini merupakan inovasi dari bakpia biasa yang sudah hadir lebih dahulu. Bakpia Tugu Jogja memiliki dua lapisan luar, yaitu orginal dan brownies.

Di dalamnya terdapat isian mulai dari cokelat, keju, kacang hijau, dan stroberi. Harga bakpia ini cukup terjangau. Untuk satu boks isi 5 buah dibanderol dengan harga Rp18 ribu, isi 10 dihargai Rp35 ribu, sedangkan untuk boks khusus reguler pack isi 10 dibanderol dengan harga Rp36 ribu.

Saat berkunjung ke Jogja, Anda tidak akan sulit menemui bakpia ini. Pasalnya, di beberapa tempat seperti Mall Malioboro dan toko oleh-oleh banyak yang menyediakan Bakpia Tugu Jogja.

2. Bakpia Paris

Oleh-oleh kekinian lainnya yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Yogyakarta yaitu Bakpia Paris. Makanan ini merupakan inovasi dari chef William Zoratti. Bakpia Paris memiliki bentuk kotak dengan lapisan topping diatasnya. Tekstu yang lembut dan rasa topping yang bervariasi membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Ada beberapa varian rasa dari Bakpia Paris yaitu rasa cheesy cheese, choco rocky, durian elysse, dan almond versailles. Makanan kekinian ini dijual dengan harga Rp27.500-52.800 per boks berisi enam hingga 12 buah bakpia.

3. Cokro Tela Cake

Cokro Tela Cake merupakan kue yang bahan dasarnya tepung singkong. Tepung tersebut kemudian dioleh menjadi cake. Kue tersebut kemudian diberi perasa seperti cokelat, pandan, keju, stroberi, blueberry, hingga kacang almond. Makanan yang satu ini membuat kita bisa menikmati singkong dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...