Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian

Saat berkunjung ke Jogja, Anda bisa membeli beberapa makanan khas untuk menjadi oleh-oleh. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Jogja kekinian yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Jogja.
Image title
25 April 2022, 17:42
Kue Ogura Oma Opa, salah satu oleh-oleh khas Jogja kekinian
instagram.com/omaopa_cakery
Kue Ogura Oma Opa, salah satu oleh-oleh khas Jogja yang kekinian

Yogyakarta menjadi kota destinasi liburan favorit banyak orang. Saat berlibur ke daerah ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja kekinian. Oleh-oleh kekinian ini umumnya berupa makanan hasil pengembangan dari kuliner tradisional Yogyakata.

Inovasi ini menghasilkan makanan dengan cita rasa modern namun tak kalah lezat dari makanan tradisional Jogja yang melegenda. Perpaduan antara bahan baku lokal dengan inovasi sajian, sukses menghasilkan makanan lezat yang cocok menjadi oleh-oleh. Lantas, apa sajakah oleh oleh khas Jogja yang kekinian? Berikut referensinya.

Oleh Oleh Yogyakarta Kekinian

1. Bakpia Tugu Jogja

Bakpia Tugu Jogja merupakan oleh-oleh khas Jogja kekinian. Jenis bakpia ini merupakan inovasi dari bakpia biasa yang sudah hadir lebih dahulu. Bakpia Tugu Jogja memiliki dua lapisan luar, yaitu orginal dan brownies.

Di dalamnya terdapat isian mulai dari cokelat, keju, kacang hijau, dan stroberi. Harga bakpia ini cukup terjangau. Untuk satu boks isi 5 buah dibanderol dengan harga Rp18 ribu, isi 10 dihargai Rp35 ribu, sedangkan untuk boks khusus reguler pack isi 10 dibanderol dengan harga Rp36 ribu.

Advertisement

Saat berkunjung ke Jogja, Anda tidak akan sulit menemui bakpia ini. Pasalnya, di beberapa tempat seperti Mall Malioboro dan toko oleh-oleh banyak yang menyediakan Bakpia Tugu Jogja.

2. Bakpia Paris

Oleh-oleh kekinian lainnya yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Yogyakarta yaitu Bakpia Paris. Makanan ini merupakan inovasi dari chef William Zoratti. Bakpia Paris memiliki bentuk kotak dengan lapisan topping diatasnya. Tekstu yang lembut dan rasa topping yang bervariasi membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Ada beberapa varian rasa dari Bakpia Paris yaitu rasa cheesy cheese, choco rocky, durian elysse, dan almond versailles. Makanan kekinian ini dijual dengan harga Rp27.500-52.800 per boks berisi enam hingga 12 buah bakpia.

3. Cokro Tela Cake

Cokro Tela Cake merupakan kue yang bahan dasarnya tepung singkong. Tepung tersebut kemudian dioleh menjadi cake. Kue tersebut kemudian diberi perasa seperti cokelat, pandan, keju, stroberi, blueberry, hingga kacang almond. Makanan yang satu ini membuat kita bisa menikmati singkong dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

4. Cokelat Monggo

Nama dari Cokleat Monggo diambil dari kata Monggo yang artinya Silakan. Olahan cokelat yang satu ini berbeda dengan olahan cokelat lain, terutama dari segi kemasan. Cokelat Monggo menggunakan kemasan bahan daur ulang yang telah bersertifikat FSC dengan desain kemasan yang unik seperti Punakawan dan batik.

Cokelat Monggo terbuat dari premium dark chocolate dengan beragam varian rasa. Pilihan rasa yang ada seperti white chocolate, marzipan, macademia, dan karamel. Selain itu, ada juga inovasi rasa lain yaitu cokelat dengan campuran mangga, red chili, hingga durian.

5. Mamahke Jogja

Oleh oleh Yogyakarta lainnya yang bisa Anda coba saat berkunjung ke daerah ini yaitu Mamahke Jogja. Mamahke Jogja merupakan kue kekinian yang hadir dengan berbagai rasa. Beberapa rasa yang ditawarkan yaitu red velvet, cheese, double chocolate, dan tiramisu. Harga dari makanan kekinian ini mulai dari Rp20.000 – Rp65.000 sesuai denagn rasa dan ukurannya.

6. Lapis Jogja

Kue Lapis Jogja juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Yogyakarta. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan berkualitas. Sama seperti makanan kekinian lainnya, Lapis Jogja juga menyediakan berbagai varian rasa, seperti pisang keju, ubi keju, cokelat pandan, dan cokelat keju. Untuk harganya, Lapis Jogja dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000 per boks. Anda bisa membelinya di beberapa toko oleh-oleh di Yogyakarta.

7. Kue Ogura Oma Opa

Kue Ogura merupakan kue hasil perpaduan antara bolu kukus dengan kue sifon. Kue ini memiliki rasa yang lembut dan ringan dengan bagian luarnya berwarna cokelat keemasan. Kue Ogura Oma Opa menyajikan kura Ogura dengan cara rasa lokal yang lezat. Kue Ogura Oma Opa ini memiliki berbagai rasa, ukuran, dan harga yang berbeda. Anda bisa membeli sesuai dengan selera.

8. Sakura Mochi

Sakura mochi merupakan oleh-oleh khas Jogja kekinian hasil modifikasi kue mochi dari Jepang. Camilan ini memiliki tekstur kenyal yang memiliki banyak rasa dan ukuran. Saat berada di Jogja, Anda bisa membeli Sakura Mochi di toko cabang Mall Malioboro dan Ambarukomo Plaza.

9. Jogja Regale

Jogja Regale merupakan inovasi dari makanan tradisional tiwul yang dikemas dengan konsep lebih modern. Tiwul merupakan olahan singkong yang dikupas kemudian dikeringkan menjadi tepung. Seiring berjalannya waktu, eksistensi tiwul mulai tergeser oleh makanan modern. Namun, danya Jogja Regale, tiwul bisa eksis kembali dengan tampilan dan rasa yang lebih kekinian.

Itulah sederet oleh-oleh khas Jogja kekinian yang bisa Anda bawa beli saat berkunjung ke Jogja. Makanan tersebut memiliki cita rasa yang lezat dan unik. Hampir semua makanan tersebut, jarang ditemui di kota atau daerah lain. Jadi, saat berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk membelinya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait