10 Negara Paling Sopan di Dunia, Siapa yang Nomor Satu?

Siti Nur Aeni
20 Mei 2022, 08:29
negara paling sopan di dunia.
ANTARA FOTO/REUTERS/Eva Plevier/pras/dj
Ilustrasi, suasana di Belanda, sebagai salah satu negara paling sopan di dunia.

Kesopanan nampaknya menjadi hal yang penting di berbagai tempat, tak terkecuali di dunia maya. Perusahaan dunia, Microsoft bahkan melakukan survei untuk menilai indeks kesopanan digital. Hasilnya, terdapat sejumlah negara yang dinilai sebagai negara paling sopan di dunia.

Negara mana sajakah yang masuk dalam daftar negara tersopan itu? Apakah Indonesia masuk dalam daftar tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Urutan Negara Paling Sopan di Dunia

Pengguna internet semakin hari kian bertambah. Aktivitas di dunia maya pun menjadi lebih ramai dibandingkan beberapa tahun lalu. Dalam internet khususnya sosial media terdapat interaksi antar pengguna.

Komunikasi dua arah yang terjadi antar pengguna membuat kita bisa menilai apakah yang bersangkutan sopan dan bijak dalam menggunakan sosial media, atau tidak. Namun untuk mengukur tingkat kesopanan netizen dalam suatu negara, Anda tak perlu melakukan survei satu per satu.

Pasalnya, Microsoft telah terlebih dahulu melakukan survei untuk mengetahui digital civility index atau DCI di berbagai negara. Survei ini berguna untuk mempromosikan kesopanan dalam dunia virtual untuk menjadikan internet sebagai tempat yang nyaman.

Perlu diketahui bahwa DCI bekisar pada skala 0-100 poin. Semkain rendah nilainya, maka tingkat kesopanannya semakin tinggi. Hasil dari survei tersebut setidaknya ada 10 negara paling sopan pada tahun 2020. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Belanda

Negara pertama yang didapuk sebagai negara paling sopan yaitu Belanda. Negeri Kincir Angin ini mendapatkan skor DCI sebanyak 51 poin. Predikat tersebut nampaknya wajar didapatkan Belanda, pasalnya ekosistem internet di negara ini memang sudah baik.

Melansir dari berbagai sumber disebutkan bahwa, masyarakat Belanda sudah terbiasa dengan akses internet yang memadai. Hampir seluruh rumah di Belanda memiliki akses internet broadband. Keterbiasaan penggunaan internet ini dapat menjadi salah satu alasan netizen Belanda bisa berperilaku sopan di jagat sosial media.

2. Inggris

Di posisi kedua ada Inggris sebagai negara tersopan selanjutnya. DCI yang didapatkan Inggris tidak berbeda jauh dengan Belanda. Inggris memiliki DCI sebanyak 55 poin.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...