10 Negara yang Mempunyai Kecepatan Internet Tercepat di Dunia

Kita pasti akan merasa kesal ketika internet yang digunakan lemot. Tapi, kejadian tersebut tidak akan dialami saat Anda berada di 10 negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia, berikut ini.
Image title
17 Mei 2022, 19:46
10 Negara yang Mempunyai Kecepatan Internet Tercepat di Dunia
Pexels.com/ Buro Milennial
Ilustrasi seorang pria sedang menikmati kecepatan internet tercepat di dunia

Di era teknologi seperti saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan manusia. Internet dibutuhkan untuk mengakses beragam informasi dari seluruh penjuru dunia. Tentu saja, banyak d antara kita yang merasa kesal ketika kecepatan internet tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Banyak faktor yang menyebabkan internet sulit diakses, salah satunya karena faktor lokasi yang belum terpapar jaringan internet. Di Indonesia, kecepatan internet di setiap daerah juga berbeda-beda. Ada daerah yang memiliki kecepatan internet kencang, namun ada juga daerah dengan kecepatan internet lambat.

Akan tetapi, di beberapa negara berikut ini, kecepatan internet bukanlah sebuah masalah. Pasalnya, mereka merupakan negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia. Negara mana sajakah yang masuk dalam daftar tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Internet?

Sebelum mengulas daftar negara yang memiliki kecepatan internet tercepat di dunia, tak ada salahnya jika mengetahui terlebih dahulu seluk beluk internet. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, internet diartikan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang dapat menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia.

Advertisement

Internet menyediakan beragam informasi yang bisa diakses semua orang. Informasi yang dimaksud tersaji dalam bentuk tulisan, gambar, atau format multimedia lain. Perlu diketahui bahwa, sebelum berkembang pesat seperti saat ini, internet telah melalui sejarah yang cukup panjang.

Sejarah internet dimulai dari pembentukan badan ARPA di Amerika Serikat pada tahun 1969. Saat itu, terbentuk jaringan komputer yang dikenal dengan nama ARPANET. Jaringan ini terus dikembangkan, hingga pada tahun 1980an ARPANET dapat digunakan untuk menghubungkan universitas-universitas ternama di Amerika Serikat.

Perkembangan internet tak terhenti sampai disitu saja. Selepas standar protokol TCP/IP diluncurkan, Amerika Serikat kemudian membentuk badan khusus bernama National Science Foundation Network (NSFNET). Melalui layanan milik NSFNET, sejumlah jaringan internet dari berbagai negara mulai terkoneksi.

Kemudian pada tahun 1992 muncul perangkat lunak bernama Viola yang dapat digunakan untuk mengakses layanan”www”. Dan pada tahun 1993, sistem komputer yang terhubung langsung ke jaringan internet harus memiliki nama domian dan alamat IP dalam bentuk simbol numerik dan format tertentu.

Tujuannya yaitu sebagai tanda pengenal. Dari sinilah, InterNIC didirikan agar bisa menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sejak saat itu, internet terus berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Negara dengan Kecepatan Internet Tercepat di Dunia

Kecepatan internet di dunia diketahui terus bertambah seiring berjalannya waktu. Berdasarkan laporan dari Digital 2022 Global Overview Report, diketahui selama tahun 2021, median kecepatan download lewat jaringan mobile internet di dunia sudah meningkat sebanyak 32,3%.

Akan tetapi, peningkatan tersebut tidak merata. Adapun daftar negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia hingga periode November 2021, sebagai berikut.

  1. Uni Emirat Arab: median kecepatan download 136,42 megabits per second (Mbps).
  2. Norwegia: median kecepatan download 116,6 Mbps.
  3. Korea Selatan: median kecepatan download 104,98 Mbps.
  4. Qatar: median kecepatan download 97,90 Mbps.
  5. Cina: median kecepatan download 96,84 Mbps.
  6. Belanda: median kecepatan download 94,93 Mbps.
  7. Arab Saudi: median kecepatan download 91,06 Mbps.
  8. Siprus: median kecepatan download 88,87 Mbps.
  9. Bulgaria: median kecepatan download 84,59 Mbps.
  10. Kuwait: median kecepatan download 83,64 Mbps.

Kecepatan Internet di Indonesia

Jika dibandingkan dengan 10 negara di atas, kecepatan internet di Indonesia masih jauh dari mereka. Bahkan kecepatan internet yang ada di Indonesia paling lambat dibandingkan negara-negara di kawasan ASEAN.

Dari data Speedtest Global Index, kecepatan unduh internet jaringan begerak di Indonesia hanya 15,83 Mbps pada November 2021. Angka tersebut menempatakan Indonesia di posisi ke-107 dari 138 yang di survei.

Di kawasan ASEAN, kecepatan unduh internet jaringan bergerak Indonesia berada di urutan ke -10. Posisi Indonesia berada di bawah Kamboja dan Filipina yang memiliki kecepatan unduh 16,51 Mbps dan 18.68 Mbps.

Sementara itu, di wilayah ASEAN negara yang memiliki kecepatan internet terbaik yaitu Singapura. Negara ini memiliki kecepatan unduh jaringan mencapai 63,41 Mbps. Di posisi kedua ada Brunei Darussalam yang memiliki kecepatan unduh hingga 62,09 Mbps. Diikuti oleh Vietnam di posisi ketiga dengan kecepatan unduh mencapai 35,14 Mbps.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait