Sosialisme, Pengertian, Latar Belakang dan Ciri-cirinya

Dwi Latifatul Fajri
25 Mei 2022, 15:52
sosialisme
pixabay.com/wal_172619
Ilustrasi, salah satu tokoh sosialisme terkenal dalam sejarah, Karl Marx.

Sosialisme termasuk ideologi terkenal di dunia. Contoh negara penganut sosialisme adalah Uni Soviet, Cina, Vietnam, dan Korea Utara. Salah satu ciri sosialisme adalah mementingkan kekuasaan dan kepentingan negara.

Paham sosialisme lahir ketika Revolusi Industri yang berkembang karena liberalisme. Ketika itu era industri memunculkan praktik kapitalisme, sehingga mementingkan pemilik modal dan mengesampingkan kaum buruh.

Munculnya sosialisme bertujuan membuat suatu wilayah menuju kemakmuran melalui usaha kolektif dan produktif. Sosialisme ini berada dibawah kendali dan campur tangan pemerintah. Adanya sosialisme membuat kebebasan individu dibatasi, serta lebih mengutamakan kesejahteraan bersama.

Pengertian Sosialisme

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sosialisme adalah paham atau ajaran kenegaraan dan ekonomi, yang berusaha supaya harta benda, industri, dan perusahaan menjadi milik negara.

Dalam jurnal ‘Perkembangan Sosialisme di Dunia Abad ke-19 Serta Pengaruhnya di Indonesia, kata sosialisme berasal secara etimologi berasal dari bahasa Perancis.

Kata sosial artinya kemasyarakatan. Sedangkan sosialisme bermakna kebersamaan dan gotong royong. Sosialisme merupakan pandangan hidup kemasyarakatan yang menginginkan menguasai pusat-pusat produksi dan pembagian hasil produksi secara merata.

Menurut sejarah, sosialisme muncul pertama kali di Perancis tahun 1830. Tujuan sosialisme adalah membentuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dalam negara. Cara mencapai hal tersebut adalah rasa kebersamaan antara pihak swasta dan perseorangan. Sehingga terwujud pembagian hasil produksi yang merata.

Sosialisme berkembang di era revolusi industri. Kemunculan sosialisme awalnya adalah gerakan protes, karena sistem kapitalis ekonomi yang merenggut hak kebebasan. Sosialisme muncul karena perbedaan golongan pemilik modal yang hidup mewah. Sedangkan pekerja buruh mendapatkan upah yang rendah dan tingkat kemiskinan tinggi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...