Minuman Khas Jogja, dari Wedang Uwuh sampai Kopi Jos

Image title
3 Juni 2022, 15:13
minuman khas Jogja
cookpad.com/@tatta_manyund
Ilustrasi, kopi jos, minuman khas Jogja.

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja merupakan salah satu daerah yang memiliki segudang destinasi wisata, tak terkecuali wisata kuliner. Tak sedikit pelancong yang berkunjung ke Kota Pelajar ini demi mencicipi sajian tradisionalnya.

Salah satu makanan yang populer adalah Gudeg. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang menggoyang lidah. Selain itu ada pula sate klatak, bakpia, sate kere dan masih banyak lagi. Namun, selain makanan, Jogja juga punya resep minuman tradisional yang tak kalah menggoda untuk dicoba.

Minuman Khas Jogja

Minuman khas Jogja memiliki cita rasa khas nusantara dengan campuran rempah yang segar, hangat, dan menyehatkan. Mengutip berbagai sumber, berikut rekomendasi minuman khas Yogyakarta.

1. Bir Pletok

Minuman yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini kerap dikonsumsi oleh masyarakat setempat untuk menghangatkan tubuh. Walaupun diberi nama bir, ramuan tradisional ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah, seperti kapulaga, serai, pandan, kayu secang, dan cengkih.

Semua bahan tersebut direbus dan ditambahkan gula batu, kemudian didinginkan. Setelah itu, ditambahkan perasan jeruk nipis, disaring dan dimasukan ke dalam botol. Sebelum diminum, kocok terlebih dahulu sampai berbusa.

Meneruskan catatan jogjakita.co.id, minuman yang berkhasiat mengatasi nyeri lambung dan melancarkan peredaran darah ini tercipta lantaran banyaknya orang Betawi yang melihat kebiasaan warga Belanda mengonsumsi wine di sebuah perayaan.

2. Wedang Uwuh

Uwuh’ dalam bahasa Jawa berarti sampah. Tapi tenang, meski diberi nama demikian, minuman ini sebenarnya adalah ramuan menyehatkan yang terbuat dari bermacam dedaunan dan rempah-rempah.

Cita rasa rempah dari minuman tradisional khas daerah Bantul ini begitu kuat terasa saat pertama kali menyentuh lidah. Wedang uwuh kerap disesap selagi hangat. Waktu terbaik untuk menikmati wedang uwuh adalah saat musim hujan dan udara sedang dingin-dinginnya.

Di antara bahan-bahan untuk membuat wedang uwuh, terdapat jahe dan secang yang membuat minuman ini terasa pedas dan berwarna merah. Minuman ini biasa dijual di berbagai angkringan. Selain itu, bisa juga dibeli dalam bentuk sachet siap seduh di warung-warung.

3. Es Semlo

Minuman khas Jogja dengan bahan rempah lainnya adalah es semlo. Minuman dingin menyegarkan ini terbuat dari bahan-bahan seperti buah pisang, jeruk nipis, gula pasir, dan beberapa rempah tradisional lainnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...