9 Oleh Oleh Khas Jogja yang Populer dan Legendaris

Siti Nur Aeni
25 April 2022, 14:41
Bakpia Patuk salah satu oleh oleh khas Jogja yang populer dan legendaris
instagram.com/bakpiapatuk75
Bakpia Patuk salah satu oleh oleh khas Jogja yang populer dan legendaris

Yogyakarta atau sering disebut juga sebagai Jogja merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata favorit. Banyak orang yang betah saat berkunjung ke wilayah ini. Tak hanya destinasi wisata, Jogja juga memiliki beberapa makanan khas yang cocok menjadi oleh-oleh. Apa saja oleh oleh khas Jogja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Oleh-oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

Jika kita mengunjungi sebuah daerah kemudian ingin membawa makanan sebagai buah tangan dari daerah tersebut, tentu saja kita akan memilih makanan yang tahan lama. Saat Anda pergi ke Jogja, tak perlu khawatir sebab di kota ini ada beberapa pilihan makanan kering yang tahan lama, sehingga cocok menjadi oleh-oleh.

Adapun beberapa makanan yang cocok menjadi oleh oleh Yogyakarta, sebagai berikut.

1. Bakpia Pathok

Bapkia menjadi oleh oleh khas Jogja yang sudah sangat populer. Jenis bapkia di Jogja sangat beragam, salah satu yang paling terkenal yaitu Bakpia Pathok. Bapkia ini memiliki bentuk bulat kecil yang lembut. Makanan ini berisi kacang hijau, cokleat, keju, dan beragam varian lain.

Untuk mendapatkan makanan khas Yogyakarta ini, Anda bisa datang ke daerah Pathuk, Yogyakarta. Di sana terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual Bapkia. Harganya cukup beragam, biasanya tergantung dari jumlah Bakpia per boks.

2. Ampyang

Oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama lainnya yaitu Ampyang. Makanan ini terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa. Sehingga rasanya menjadi manis dan gurih dengan tekstur garing. Biasanya ada juga produsen Ampyang yang menambahkan jahe, sehingga rasanya semakin khas dan lezat.

3. Geplak

Geplak merupakan kuliner khas Yogyakarta, khususnya daerah Bantul.  Makanan ini terbuat dari parutan kepala dan gula pasir atau gula jawa, sehingga makanan ini memiliki rasa manis dan gurih. Geplak juga menjadi makanan khas Jakarta, namun untuk Geplak Betawi dibuat dengan tambahan tepung beras dan daun jeruk purut. Itulah yang membedakan Geplak Jogja dengan Geplak Betawi.

4. Peyek Mbok Tumpuk

Kita pasti sudah tidak asing dengan Peyek. Makanan yang dengan cita rasa renyah dan gurih ini memang cukup disukai banyak orang, Peyek bisa dikonsumsi langsung atau menjadi teman makan berat.

Di Jogya ada Peyek Mbok Tumpuk yang menjadi oleh oleh khas Jogja. Peyek Mbok Tumpuk ternyata memiliki ciri khas tersendiri yaitu ukuran yang tepal dan mirip kumpulan peyek tipis yang disatukan menjadi tebal. Hal itulah yang menyebabkan makanan ini diberi label Peyek Mbok Tumpuk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...