5 Teknik Dasar Tenis Meja, dari Memegang Bet sampai Pukulan

Image title
7 Juni 2022, 15:33
teknik dasar tenis meja
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi, teknik dasar tenis meja.

Ada berbagai macam jenis cabang olahraga yang menarik untuk dimainkan, salah satunya tenis meja. Cabang olahraga ini melibatkan dua atau empat pemain yang memukul bola ringan (bola pingpong) di atas meja menggunakan raket pejal kecil atau bet. Tenis meja dilakukan di atas meja yang dibagi dengan net.

Sekilas tentang Tenis Meja

Berdasarkan buku "Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK" oleh Limart Darwin, tenis meja atau yang disebut juga pingpong, awalnya dikenal sebagai hiburan ringan semata. Namun, pada akhir abad ke-19 menjadi populer di Inggris dengan nama tenis meja pingpong serta gossima dan whiff-whaff.

Nama pingpong diperkenalkan oleh J. Jaques dan Sons. Permainan ini diberi nama pingpong karena suara yang ditimbulkan ketika bola memantul di meja.

Tenis meja dimainkan dengan menggunakan raket yang dilapisi karet untuk memukul bola celluloid melewati jaring di atas meja, yang dikaitkan dengan dua tiang jaring.

Pada saat bet pingpong belum ditemukan, pemukulnya menggunakan kertas kulit kelelawar. Dalam waktu singkat, permainan ini kian digandrungi. Hingga kini, tenis meja sudah banyak dipertandingkan dalam kompetisi internasional.

Teknik Dasar Tenis Meja

Untuk bermain tenis meja, ada beberapa tenik dasar yang perlu dikuasai terlebih dahulu, yaitu:

1. Memegang Bet (grip)

Cara memegang raket yang baik merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam permainan tenis meja. Ada dua macam cara memegang raket dalam permainan tenis meja, yaitu:

  • Pegangan shakehand grip

Nama tipe pegangan ini berasal dari kata shakehand yang artinya berjabat tangan. Sehingga, cara ini disebut juga dengan cara berjabat tangan.

Untuk melakukan pegangan shakehand, pegang tangkai bet dengan jari manis dan jari kelingking, jari tengah ikut menempel. Sementara itu, jari telunjuk ditempelkan pada permukaan backhand bet dan ibu jari ditempelkan di permukaan forehand bet dengan rileks dekat jari tengah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...