Memahami Pengertian Cuaca dan Unsur Pembentuknya

Dwi Latifatul Fajri
13 Juni 2022, 16:35
pengertian cuaca
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi, cuaca.

Cuaca dan iklim mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang tinggal di bumi. Contohnya saja ketika hujan berawan dan turun hujan lebat terjadi karena perubahan cuaca.

Kegiatan manusia yang berada diluar ruangan juga dipengaruhi oleh cuaca, misalnya nelayan membutuhkan kecepatan, kondisi angin, temperatur udara, dan keadaan awan untuk menangkap ikan.

Pengertian Cuaca

Menurut KBBI pengertian cuaca adalah keadaan udara seperti temperatur, cahaya matahari, kelembapan, kecepatan angin, pada suatu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas.

Dalam buku IPS Terpadu: Jilid 1B oleh Sri Pujiastuti, cuaca adalah keadaan harian udara suatu wilayah yang tidak luas pada saat tertentu. Cuaca disebut juga keadaan udara pada suatu saat di tempat tertentu. Kondisi cuaca ini bisa berubah sewaktu-waktu. Keadaan cuaca ini selalu diamati.

Di Indonesia ada lembaga di bidang cuaca yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Menurut Peraturan Kepala BMKG nomor 009 tahun 2010, menjelaskan pengertian cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.

Sedangkan iklim adalah kondisi rata-rata cuaca tahunan dan meliputi wilayah luas. Cara menentukan tipe iklim di suatu wilayah membutuhkan data cuaca selama 10 sampai 30 tahun.

Unsur Cuaca dan Iklim

Cuaca dan iklim terdiri dari unsur yang sama seperti suhu, kelembapan udara, angin, awan, dan curah hujan. Perbedaan antara cuaca dan iklim terletak pada luasnya wilayah dan waktu.

Cuaca meliputi wilayah sempit dan waktu relatif dekat. Sedangkan iklim memiliki wilayah luas dan waktunya lebih lama. Kesimpulannya, cuaca adalah keadaan atmosfer dalam waktu harian dan cakupan di wilayah sempit. Menurut buku IPS Terpadu, ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut meteorologi. Sedangkan klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim. 

Berikut penjelasan 6 unsur cuaca dan iklim:

1. Suhu

Mengutip dari buku Get Success UN Geografi, suhu adalah tingkat gerakan molekul udara. Contohnya semakin cepat gerakan molekul udara, semakin tinggi suhunya. Selain itu tingkat panas suatu benda dapat dikatakan sebagai suhu.

Termometer merupakan alat mengukur temperatur udara (Suhu). Temperatur udara dilihat pada angka di tabung kaca termometer. Naik turun udara dilihat dari garis angka. Satuan derajat temperatur udara ini antara lain Celcius (C), Fahrenheit (F), dan Reamur (R).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...