Mengenal Public Speaking dan Teknik Dasarnya

Image title
28 Juni 2022, 08:30
public speaking
ndtv.com
Ilustrasi, artis Emma Watson berpidato di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam event "He-for-She".

Public speaking adalah kemampuan yang mesti dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang. Sebab, keahlian seseorang pada public speaking akan sangat membantunya untuk meyakinkan lawan bicaranya.

Dalam ilmu komunikasi, public speaking adalah cabang ilmu yang cukup digemari. Ilmu ini sebenarnya bisa diasah dan dipelajari agar seseorang mampu berbicara di hadapan orang banyak dengan baik.

Public speaking adalah soft skill yang berguna untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, berbicara memakai teknik ini akan mempermudah penyampaian pesan kepada audiens.

Penasaran dengan apa itu public speaking dan bagaimana cara menguasainya? Simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Public Speaking?

Di dalam dunia pendidikan, public speaking adalah salah satu cabang ilmu komunikasi. Secara harfiah public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan khalayak umum.

Sampai saat ini belum ada pengertian baku untuk menjelaskan apa itu public speaking. Kendati demikian, istilah pada bahasa Indonesia yang paling sering digunakan untuk mengartikan publics peaking adalah “berbicara di depan umum” atau “berbicara di depan publik”.

Mengutip dari Konsep Dasar Public Speaking, secara etimologi public speaking adalah istilah dalam bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata. Pertama yaitu kata "public" yang berarti umum atau khalayak umum, serta kata "speaking" berarti berbicara.

Dari penjelasan tersebut singkatnya pengertian public speaking adalah ilmu yang mempelajari kemampuan berbicara di depan khalayak umum.

Pendapat lain tentang public speaking disebutkan juga dalam beberapa literatur. Menurut buku My Public Speaking, public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum, dengan komunikasi yang baik dan benar. Sehingga saat melakukan komunikasi, pesan yang disampaikan sangat jelas dan bisa ditangkap langsung oleh audiens.

Kemampuan public speaking adalah keahlian yang digunakan untuk berbicara di depan publik dengan jumlah audiens dua orang atau lebih. 

Berdasarkan semua penjelasan di atas bisa disimpulkan pengertian dari public speaking adalah sebuah cabang ilmu komunikasi yang dipelajari untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Seseorang yang ahli public speaking biasanya mampu menyampaikan pesan komunikasinya secara lugas dan jelas kepada lawan komunikasinya.

Komponen Public Speaking

Public speaking adalah adalah proses mengkomunikasikan informasi kepada audiens secara langsung. Jenis informasi yang dikomunikasikan sengaja disusun untuk menginformasikan, membujuk , dan menghibur. Di luar sana public speaking juga kerap disamakan dengan pidato dan orasi.

Saat seseorang dihadapkan untuk berbicara di depan khalayak, seperti pidato misalnya, kebanyakan dari mereka kurang percaya diri serta tidak memiliki keinginan untuk menguasai keterampilan berkomunikasi dengan baik. Padahal saat mereka mampu berbicara jelas, maka pesan yang disampaikan akan lebih mudah diterima pendengarnya.

Untuk memahami public speaking secara menyeluruh, dikutip dari CFI berikut komponen dasar public speaking yang perlu diketahui:

1. Gaya Berbicara

Komponen dasar pertama dari public speaking adalah gaya berbicara atau berkomunikasi kepada audiens yang mudah dimengerti. Maksudnya yaitu pola komunikasinya dengan menggunakan kata-kata yang indah untuk didengar.

2. Substansi Pesan

Saat berbicara di depan umum, seorang pembicara harus memikirkan substansi pesan yang hendak disampaikan. Misalnya topik pembahasanya terpusat pada topik tertentu, dengan dibumbui penyampaian menarik dan menginspirasi guna memikat perhatian penonton.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...