Mengenal Public Speaking dan Teknik Dasarnya

Public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum, dengan komunikasi yang baik dan benar. Sehingga saat melakukan komunikasi, pesan yang disampaikan bisa tersampaikan pada audiens.
Image title
28 Juni 2022, 08:30
public speaking
ndtv.com
Ilustrasi, artis Emma Watson berpidato di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam event "He-for-She".

Public speaking adalah kemampuan yang mesti dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang. Sebab, keahlian seseorang pada public speaking akan sangat membantunya untuk meyakinkan lawan bicaranya.

Dalam ilmu komunikasi, public speaking adalah cabang ilmu yang cukup digemari. Ilmu ini sebenarnya bisa diasah dan dipelajari agar seseorang mampu berbicara di hadapan orang banyak dengan baik.

Public speaking adalah soft skill yang berguna untuk berkomunikasi. Dengan kata lain, berbicara memakai teknik ini akan mempermudah penyampaian pesan kepada audiens.

Penasaran dengan apa itu public speaking dan bagaimana cara menguasainya? Simak pembahasannya berikut ini.

Advertisement

Apa Itu Public Speaking?

Di dalam dunia pendidikan, public speaking adalah salah satu cabang ilmu komunikasi. Secara harfiah public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan khalayak umum.

Sampai saat ini belum ada pengertian baku untuk menjelaskan apa itu public speaking. Kendati demikian, istilah pada bahasa Indonesia yang paling sering digunakan untuk mengartikan publics peaking adalah “berbicara di depan umum” atau “berbicara di depan publik”.

Mengutip dari Konsep Dasar Public Speaking, secara etimologi public speaking adalah istilah dalam bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata. Pertama yaitu kata "public" yang berarti umum atau khalayak umum, serta kata "speaking" berarti berbicara.

Dari penjelasan tersebut singkatnya pengertian public speaking adalah ilmu yang mempelajari kemampuan berbicara di depan khalayak umum.

Pendapat lain tentang public speaking disebutkan juga dalam beberapa literatur. Menurut buku My Public Speaking, public speaking adalah kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum, dengan komunikasi yang baik dan benar. Sehingga saat melakukan komunikasi, pesan yang disampaikan sangat jelas dan bisa ditangkap langsung oleh audiens.

Kemampuan public speaking adalah keahlian yang digunakan untuk berbicara di depan publik dengan jumlah audiens dua orang atau lebih. 

Berdasarkan semua penjelasan di atas bisa disimpulkan pengertian dari public speaking adalah sebuah cabang ilmu komunikasi yang dipelajari untuk mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Seseorang yang ahli public speaking biasanya mampu menyampaikan pesan komunikasinya secara lugas dan jelas kepada lawan komunikasinya.

Komponen Public Speaking

Public speaking adalah adalah proses mengkomunikasikan informasi kepada audiens secara langsung. Jenis informasi yang dikomunikasikan sengaja disusun untuk menginformasikan, membujuk , dan menghibur. Di luar sana public speaking juga kerap disamakan dengan pidato dan orasi.

Saat seseorang dihadapkan untuk berbicara di depan khalayak, seperti pidato misalnya, kebanyakan dari mereka kurang percaya diri serta tidak memiliki keinginan untuk menguasai keterampilan berkomunikasi dengan baik. Padahal saat mereka mampu berbicara jelas, maka pesan yang disampaikan akan lebih mudah diterima pendengarnya.

Untuk memahami public speaking secara menyeluruh, dikutip dari CFI berikut komponen dasar public speaking yang perlu diketahui:

1. Gaya Berbicara

Komponen dasar pertama dari public speaking adalah gaya berbicara atau berkomunikasi kepada audiens yang mudah dimengerti. Maksudnya yaitu pola komunikasinya dengan menggunakan kata-kata yang indah untuk didengar.

2. Substansi Pesan

Saat berbicara di depan umum, seorang pembicara harus memikirkan substansi pesan yang hendak disampaikan. Misalnya topik pembahasanya terpusat pada topik tertentu, dengan dibumbui penyampaian menarik dan menginspirasi guna memikat perhatian penonton.

Dampak Penyampaian Pesan

Topik pembahasan yang disampaikan harus memiliki dampak kepada audiens. Sebab, ini artinya komunikasi yang dilakukan sudah sampai dan diterima oleh mereka.

Dampak penyampaian pesan ini misalnya seperti mengubah pendapat, pikiran, dan hati. Sebuah public speaking yang berdampak menghasilkan efek yang akan bertahan lama pada penonton.

Teknik Dasar Public Speaking

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemampuan public speaking adalah soft skill yang bisa diasah dan dipelajari oleh siapapun. Kunci utamanya yaitu keberanian dalam berbicara di depan banyak orang.

Berbicara di depan umum sangat penting bagi siapa saja yang menggeluti bidang tertentu seperti bisnis dan sebagainya. Mereka yang memiliki keahlian public speaking umumnya mampu menyampaikan pesan di depan audiens dengan potensial. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbicara di depan umum, berikut teknik dasar dari public speaking:

1. Menyusun Materi yang Tepat

Sebelum melakukan kegiatan public speaking, seseorang yang menekuni aktivitas ini mesti menyusun materi dengan matang sebelum menyampaikannya kepada audiens.

Selain isi materi harus dibuat dengan baik, proses komunikasinya juga harus diperhatikan. Misalnya agar audiens tidak bosan, seorang pembicara dapat memulai pembicaraan dengan sesuatu yang menarik seperti mendongeng.

Hal tersebut bisa menjadi pembuka yang ampuh dalam berbicara di depan umum. Maka dari itu, sebelum memulai public speaking alangkah baiknya untuk mempersiapkan dan merencanakan sebuah orasi yang efektif.

2. Melatih Keterampilan Berbicara

Teknik dasar public speaking adalah melatih keterampilan berbicara di depan umum. Sebuah pidato yang berkesan dapat dilakukan melalui skill komunikasi yang sudah terasah.

Seseorang yang ingin melatih skill public speaking-nya bisa mencoba beberapa hal seperti melatih tinggi-rendahnya nada suara, bahasa tubuh, sikap tubuh, artikulasi, dan kemampuan berkomunikasi.

3. Menguasai Panggung dan Terlibat dengan Audiens

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking seperti berpidato atau orasi yaitu tidak boleh satu arah atau sepihak. Maksudnya yaitu seorang pembicara harus membuat audiens terlibat pada proses komunikasi.

Penonton harus bisa merasakan kekuatan dan kehadiran seorang pembicara. Misalnya, memberi kesempatan kepada audiens untuk memikirkan apa yang sedang dibahas. Orasi yang disampaikan terlalu cepat menimbulkan kebingungan dan ambiguitas, sehingga pesan dari topik pembicaraan tidak sampai kepada komunikan (audiens).

4. Selalu Percaya Diri

Teknik yang paling dasar dari public speaking adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Meski tidak mudah, nyatanya berbicara di depan umum di depan orang lain dapat dimengerti saat seseorang tidak berada dalam kondisi tegang. 

Abaikan pikiran yang membayangkan sesuatu mengerikan akan terjadi, seperti jeda yang canggung atau melupakan apa yang sedang dikatakan. 

Cobalah berhenti memikirkan kegugupan dan ketakutan, kemudian kembangkan pola pikir yang tenang lalu tampil percaya diri.

Itu tadi pembahasan tentang public speaking. Sebagai soft skill dalam berkomunikasi, sudah sewajarnya public speaking dikuasai oleh setiap orang. Sebab, komunikasi adalah kunci untuk menambah relasi dan pertemanan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait