Memahami Arti Referensi, dan Contoh Penulisannya

Referensi berasa dari bahasa Inggris yang artinya menunjuk. Menurut KBBI, arti referensi adalah sumber acuan, petunjuk, dan rujukan. Berikut tujuan, jenis, dan contoh referensi dalam karya ilmiah.
Dwi Latifatul Fajri
1 Juli 2022, 14:45
arti referensi
Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi, buku.

Dalam penulisan karya ilmiah, referensi penting untuk peneliti dan penulis. Biasanya referensi berada di daftar pustaka dan bagian footnote. Sebagai peneliti tidak terpisahkan dari buku, surat kabar, majalah, jurnal, sampai artikel ilmiah.

Dalam penulisan karya ilmiah, artikel ilmiah, hingga jurnal penelitian membutuhkan banyak referensi. Semakin banyak referensi akan memudahkan penulis untuk teori, pengertian, dan hasil penelitian. Selain itu pembaruan referensi memudahkan peneliti dalam keterbaruan penulisan.

Arti Referensi Menurut KBBI

Kata referensi berasal dari bahasa Inggris "to refer" artinya menunjuk. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), referensi adalah sumber acuan, petunjuk, atau rujukan.

Referensi menjadi kata homonim yang artinya memiliki pelafalan sama tetapi maknanya bisa berbeda. Contohnya referensi punya arti berbeda di bidang ilmu linguistik, kelas nomina (kata benda) dan lainnya.

Advertisement

Arti referensi dalam nomina yaitu buku-buku yang dianjurkan oleh dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca. Buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa keluar, harus dibaca di tempat yang telah disediakan.
Arti lain berdasarkan KBBI, referensi adalah hubungan antara referensi dan lambang yang dipakai untuk mewakilinya.

Arti Referensi di Bidang Ilmu Perpustakaan

Dalam buku Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah, referensi punya arti dalam ilmu perpustakaan. Dalam bidang tersebut, arti referensi menunjuk kepada suatu koleksi yang dapat menjawab pertanyaan diajukan oleh pemakai perpustakaan.

Jika kalian pergi ke perpustakaan, ada tulisan koleksi referensi. Artinya ada kumpulan buku yang ditempatkan di ruang tersendiri untuk referensi penulis, pembaca, maupun peneliti.

Koleksi referensi ini memberi keterangan dan informasi topik tertentu, istilah, riwayat orang terkenal, berjasa, dan tempat tertentu.

Tujuan Referensi

  • Menghargai karya penelitian dan penulisan orang lain
  • Menghindari plagiarisme
  • Dapat memperkuat argumen dalam karya ilmiah
  • Penulis dapat menemukan sumber kuat
  • Memberi informasi pada pembaca terkait sumber referensi yang benar

Jenis Referensi

Dalam karya ilmiah dan penulisan penelitian, ada beberapa jenis penulisan referensi. Ada 3 jenis penulisan referensi yaitu Harvard Style, Modern Language Association (MLA), dan APA (American Psychological Association).

Mengutip dari buku Mastering Academic Writing, berikut contoh penulisan referensi:

1. Contoh Penulisan Referensi American Psychological Association (APA)

  • Buku

Cornelissen,J.(2004).Corporate communications theory and practice. London:Sage. (Penulisan satu pengarang)

Richards, J.C.,& Lockhart, C.(1994).Reflective teaching in second language classroom. New York: Cambridge University Press. (Contoh penulisan 2 atau 3 pengarang)

  • Buku Edisi Kedua

Micthell,T.R.,&Larson,J.R.(1987).People in organizations: An introduction to organizational behavior (3rd ed.). New York: McGraw-Hill

  • Jurnal

Aliakbari, M., & Jamalvandi, B.(2010). The impact of "role play" on fostering EFL learners' speaking ability: A task based approach. Pan-Pacific Association of Applied Linguistics, 14(1),15-29

  • Artikel Surat Kabar

Crossette, Barbara. (1990, January 23). India lodges first charges in arms Scandal. New York Times, A4.

2. Contoh Penulisan Referensi MLA (Modern Language Association)

  • Buku

Punch, Keith. Introduction to social research: Quantitative and qualitative approaches. London: Sage, 2005.

Bailey, Garrick and James Peoples. Introduction to Cultural Anthropology. Belmont, CA: Thomson Wadsworth, 1999.

  • Jurnal

O'Connell, John F. and George M. Perkins. "The Economics of Private Liberal Arts College." Journal of Business, 76.3 (2003): 499-514.

  • Jurnal online

Muntner, Paul, Jiang He, Jeffrey A. Cutler, Rachel P. Wildman, and Paul K. Whelton. "Trends in Blood Pressure Among Children and Adolescents." Journal of the American Medical Association (JAMa) 291.17 (2004): 2107-2113. 22 May 2007.

3. Harvard Style

  • Buku

Style manual for authors, editors and printers 2022, 6th edn, John Wiley & Sons, Milton, Qld.

Soars, L'& Wheeldon, S 2014, New headway intermediate student's book, Oxford University Press, New York

  • Jurnal

'Building human resources instead of landfills 2000. Biocycle, vol.41, no. 12, hh. 28-29.

Hall, M 1999,'Breaking the silence: marginalization of registered nurses employed in nursing homes', Contemporary Nurse, vol. 8, no.1, hh 232-237.

  • Artikel surat kabar

Taufiqul, T 2006,'Sebab menepuk di dulang', Media Indonesia, 3 Maret, h.13.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait