Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Gaya APA, CMS dan MLA

Image title
16 Maret 2022, 16:13
Pemustaka membaca buku braille di Layanan Lansia dan Disabilitas, Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (23/4/2021). Jurnal dapat dikutip dalam karya tulis dengan mencantumkan sumbernya di daftar pustaka. Simak contoh daftar pustaka dari jurnal dengan gay
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Pemustaka membaca buku braille di Layanan Lansia dan Disabilitas, Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (23/4/2021). UNESCO telah menetapkan setiap 23 April sebagai peringatan Hari Buku Sedunia untuk memunculkan kesadaran dalam penggunaan literasi sebagai media perubahan dalam kehidupan.

Jurnal merupakan kumpulan karya tulis ilmiah yang diterbitkan secara berkala. Panjang jurnal lebih pendek dari buku dan ditulis tentang topik yang sangat spesifik. Melalui jurnal, penulis dapat berkomunikasi dan memberikan informasi kepada pembaca.

Jurnal dapat dikutip dalam karya tulis lain selama dicantumkan sumbernya dengan benar. Sumber jurnal perlu dicantumkan dalam daftar pustaka, untuk mencegah plagiarisme karena karya tulis dilindungi dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Beberapa contoh daftar pustaka dari jurnal bisa menjadi referensi Anda.

Menurut publikasi Victoria University di Australia, format dasar untuk membuat daftar pustaka dari jurnal mencakup aspek berikut.

  1. Pengarang.
  2. Tahun publikasi artikel (dalam kurung bulat).
  3. Judul artikel.
  4. Judul jurnal (dicetak miring).
  5. Volume jurnal (dicetak miring).
  6. Nomor terbitan jurnal dalam tanda kurung bulat (tidak miring).
  7. Rentang halaman artikel.
  8. DOI (Digital Object Identifier) atau URL.

Di Indonesia, penulisan DOI atau URL jurnal tidak wajib. Menurut publikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, tidak semua jurnal memiliki DOI. Umumnya, hanya jurnal yang terindeks SCOPUS dan ISI yang mencantumkan DOI.

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal

Berikut contoh daftar pustaka dari jurnal dengan berbagai gaya penulisan.

1. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal Gaya APA (American Psychological Association)

Dalam gaya APA, tuliskan terlebih dahulu informasi nama pengarang dan judul artikel, lalu dilanjutkan dengan keterangan nama jurnal.

Format penulisan daftar pustaka dari jurnal gaya APA:

Nama belakang, nama depan. (Tahun). Judul. Nama jurnal, volume (nomor), halaman.

Contoh daftar pustaka gaya APA:

Cahyawati, P. N. (2020). Efek Analgetik dan Antiinflamasi Kaempferia Galanga (Kencur). WICAKSANA: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 1 (1), 15-19.

Prasad, S., & Tyagi, A. K. (2015). Ginger and its constituents: role in prevention and treatment of gastrointestinal cancer. Gastroenterology research and practice, 2015, 142979.

Lim, S.S.L. & A. Rosiah. (2007). Influence of pneumatophores on the burrow morphology of Uca annulipes (H. Milne Edwards, 1837) (Brachyura, Ocypodidae) in the field and in simulated mangrove micro-habitats. Crustaceana, 80 (11), 1427–1338.

Oguis, G. K., Gilding, E. K., Jackson, M. A., & Craik, D. J. (2019). Butterfly Pea (Clitoria ternatea), a Cyclotide-Bearing Plant With Applications in Agriculture and Medicine. Frontiers in Plant Science, 10, 645.

Mohd Ali, M., Hashim, N., Abd Aziz, S., & Lasekan, O. (2020). Pineapple (Ananas comosus): A comprehensive review of nutritional values, volatile compounds, health benefits, and potential food products. Food research international (Ottawa, Ont.), 137, 109675.

Jakupcak, M., Luterek, J., Hunt, S., Conybeare, D., & McFall, M. (2008). Post-traumatic stress and its relationship to physical health functioning in a sample of Iraq and Afghanistan war veterans seeking post-deployment VA health care. Journal of Nervous and Mental Disease, 196, 425-428.

2. Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal Gaya CMS (Chicago Manual of Style)

Cara membuat daftar pustaka dari jurnal dengan gaya CMS, tuliskan terlebih dahulu informasi nama pengarang dan judul artikel, lalu dilanjutkan dengan keterangan nama jurnal.

Format penulisan:

Nama depan diikuti nama belakang. “Judul.” Nama jurnal volume, nomor (tahun): halaman.

Contoh daftar pustaka dari jurnal gaya CMS:

Nithithep Narang dan Wannee Jiraungkoorskul. “Anticancer Activity of Key Lime, Citrus aurantifolia.” Pharmacognosy Reviews 10 No. 20: 118–122.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...