9 Cara Meningkatkan Imun Tubuh agar Terhindar dari Penyakit

Image title
12 Juli 2022, 20:09
cara meningkatkan imun tubuh
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi, seorang warga mencuci tangan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (BI). Mencuci tangan merupakan salah satu cara meningkatkan imun tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Cara meningkatkan imun tubuh menjadi suatu bahasan penting. Mengingat, kondisi iklim dan lingkungan memudahkan seseorang tertular, atau terkena penyakit.

Imun atau sering disebut daya tahan tubuh, merupakan sistem kekebalan tubuh yang dirancang mendeteksi maupun menghancurkan benda asing yang masuk ke tubuh seperti bakteri atau virus.

Kekebalan tubuh penting dijaga agar tubuh tetap sehat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, yang mengharuskan masyarakat untuk selalu meningkatkan imunitas, agar tidak mudah terpapar.

Ada beragam cara meningkatkan imun tubuh yang bisa dilakukan semua orang, dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa cara ini, tidak mengharuskan tiap orang untuk merogoh kocek dalam demi memiliki imun yang kuat.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Mengutip Kompas, Halodoc dan Lifebuoy.co.id, ada sembilan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh, agar seseorang tidak mudah terpapar penyakit.

1. Konsumsi Makanan Penuh Gizi

Cara meningkatkan imun ubuh yang pertama adalah, memastikan tubuh mendapatkan asupan dengan kandungan gizi seimbang. Ini berarti makanan yang kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Sumber gizi terdapat di berbagai jenis makanan. Oleh karenanya, semakin beragam jenis makanan yang dikonsumsi, maka semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Cara meningkatkan imun tubuh dengan asupan makanan bergizi ini, dapat dilakukan dengan memastikan selalu mengonsumsi buah dan sayur. Ini perlu, karena buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kemudian, makan nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat, makan daging dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan protein.

2. Memastikan Kecukupan Asupan Vitamin C

Cara meningkat imun tubuh yang kedua adalah, dengan memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Sebab, vitamin jenis ini memiliki fungsi penting dalam tubuh.

Pada saat memasuki pergantian musim, pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain terdapat di buah-buahan seperti jeruk, jambu, kiwi, dan buah beri, vitamin C juga ada di sayuran seperti bayam, brokoli, paprika, dan tomat.

Bila perlu, cara meningkatkan imun tubuh dengan cara memastikan asupan vitamin C ini, dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen.

3. Istirahat dengan Teratur

Tidur cukup setiap hari merupakan salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Pasalnya, tidur yang berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima. Pada akhirnya, sistem kekebalan tubuh akan siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Ini dapat terjadi, karena saat tidur, sistem imun tubuh mengeluarkan zat yang bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur, serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan. Sebaliknya, saat tubuh kurang tidur, maka produksi sitokin dan sel T di tubuh berkurang. Di sisi lain, sel T adalah kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam melawan virus.

Itu sebabnya, kurang tidur disebut dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh rentan sakit. Karena itu, pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat harian, yaitu tidur minimal 7 jam setiap malam sebagai cara meningkatkan imun tubuh yang ampuh.

4. Mengelola Stres

Stres juga bisa menjadi sumber penyakit, terutama bila berlebihan dan tidak terkontrol. Oleh karena itu, mengelola stres menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang perlu diketahui.

Saat seseorang stres, maka tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol akibat stres yang berkepanjangan, dapat menurunkan daya tahan tubuh. Mendeteksi stres berat ini sejatinya cukup mudah, karena kita sendiri pasti merasakan apabila tengah dilanda stres, atau terserang gangguan kecemasan dan depresi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...