Teleskop adalah Alat Astronomi, Ini Jenis dan Cara Kerjanya

Siti Nur Aeni
14 Juli 2022, 18:46
teleskop adalah
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ilustrasi, seseorang mengamati matahari terbenam menggunakan teleskop saat melakukan pemantauan hilal di Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta.

Teleskop adalah alat optik yang biasanya digunakan untuk mengamati benda-bedan yang jauh agar terlihat lebih dekat. Teleskop menajdi salah satu penemuan terbaik yang kini banyak dimanfaatkan untuk penelitian yang menunjang perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang antariksa.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar teleskop dari pengertian hingga cara kerjanya. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Pengertian Teleskop

Berdasarkan keterangan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, teleskop adalah teropong besar untuk melihat barang yang jauh (bintang). Selain di KBBI, definisi teleskop juga diterangkan dalam beberapa sumber. Berikut penjelasan mengenai teleskop dari beberapa buku.

1. Jenis Alat Optik

Mengutip buku "Mengenal Alam Semesta dan Eksplorasi Angkasa Luar",  teleskop adalah salah satu jenis alat optik, yang terdiri atas lensa dan/ atau cermin yang disusun sedemikian rupa sehingga pengamat bisa melihat benda jauh menjadi lebih dekat dan nampak besar.

Teleskop juga diartikan sebagai alat penyelidikan dan pengamatan sangat penting dalam astronomi. Alat ini bisa mengumpulkan dan menganalisis radiasi dari benda langit.

2. Alat untuk Memperbesar Objek

Dalam buku "Pembentukan Alam Semesta dan Big Bang", teleskop didefinisikan sebagai alat yang membuat benda jauh tampak lebih dekat tanpa mengubah bentuk dan strukturnya.

Teleskop pertama yang digunakan dalam bidang astronomi dibuat oleh Galileo Galilei pada tahun 1609. Teleskop ini bisa memperbesar objek hingga 20 kali lipat.

3. Alat Bantu Pengamatan Benda

Mengutip buku "Mengenal Magnet Listrik dan Komputer", teleskop adalah alat untuk melihat benda jauh menjadi terlihat dekat dan jelas. Teleskop sering juga disebut sebagai teropong.

4. Instrumen Astronomi

Dalam "Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-ilmu Berkaitan Vol.5, No.1", teleskop adalah satu-satunya alat yang bisa digunakan untuk mengamati benda langit yang jauh. Maka dari itu, teleskop menjadi alat yang penting dalam bidang astronomi.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa teleskop adalah alat astronomi yang digunakan untuk melihat benda-benda langit agar terlihat lebih jelas dan besar.

Jenis-jenis Teleskop

Teleskop ternyata terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan keterangan di Jurnal Astronomi Islam dan Ilmu-ilmu Berkaitan Vol. 5, No.1, berikut beberapa jenis-jenis teleskop yang perlu diketahui:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...