Memahami Jenis dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Image title
15 Juli 2022, 14:15
cara membatalkan pesanan di Shopee
shopee
Ilustrasi, tampilan logo e-commerce Shopee di ponsel.

Shopee menyediakan tawaran untuk membatalkan pesanan kepada para penggunanya. Fitur ini biasa digunakan karena berbagai alasan, seperti kesalahan memasukan alamat pengiriman hingga tidak memerhatikan detail produk.

Namun, meski menyediakan fitur pembatalan pesanan, pengguna tidak bisa semata-mata membatalkan barang yang sudah mereka pesan. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang mesti diperhatikan.

Jenis dan Proses Pembatalan Pesanan

Mengutip laman seller.shopee.co.id, terdapat tiga jenis pembatalan pesanan yang dapat diajukan di Shopee, yaitu: pembatalan instan, pembatalan non-instan, dan pembatalan otomatis.

1. Pembatalan Instan

Jenis pembatalan ini adalah pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman tanpa menunggu respon penjual.

Pembeli dapat memilih "Batalkan Pesanan", dan sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis tanpa perlu menunggu respon penjual, dengan catatan selama pembatalan dilakukan sebelum penjual mengatur pengiriman atau memasukan nomor resi.

Pembatalan instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi, selama penjual belum mengatur pengiriman.

2. Pembatalan Non-Instan

Pembatalan jenis ini dilakukan pembeli dengan menunggu respon penjual terlebih dahulu. Pembeli dapat memilih "Batalkan Pesanan" dan menunggu respon penjual dalam waktu 1x24 jam. Apabila penjual tidak merespon, sistem akan melakukan pembatalan secara otomatis dalam waktu 1x24 jam berikutnya.

Pihak penjual berhak menolak pengajuan pembatalan pesanan pembeli dan melanjutkan proses pengiriman.

Pembatalan non-instan bisa dilakukan pembeli untuk semua jasa kirim setelah penjual mengatur pengiriman atau memasukan nomor resi, selama paket belum diterima oleh jasa kirim.

Pembatalan non-instan akan diberlakukan jika pembeli membatalkan pesanan lewat dari 1 jam setelah pembayaran terverifikasi walaupun penjual belum mengatur pengiriman.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...