Memahami Ragam Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Image title
18 Juli 2022, 10:39
cara membatalkan tiket kereta api
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Ilustrasi, petugas memeriksa tiket penumpang kereta api sebelum memasuki ruang tunggu.

Cara membatalkan tiket kereta api menjadi salah satu informasi yang banyak dicari. Penyebabnya, masih banyak orang yang belum memahami alur pembatalan tiket kereta.

Pembatalan tiket kereta api memang bisa terjadi karena beberapa sebab. Misalnya, jika ada keperluan mendesak, atau acara di tempat tujuan dibatalkan, atau jika sang pemilik tiket ternyata teridentifikasi positif Covid-19 setelah melakukan tes antigen.

Cara membatalkan tiket kereta api tergolong mudah. Sebab, kini pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan dalam sejumlah bentuk, dari yang konvensional mendatangi langsung stasiun hingga menggunakan aplikasi KAI, telpon atau WhatsApp.

Seperti apa cara membatalkan tiket kereta api dari beberapa kanal tersebut? Simak ulasan singkat berikut ini.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Seperti telah disebutkan sebelumnya, untuk membatalkan tiket kereta api bisa dilakukan dari beberapa kanal. Seperti langsung menggunakan aplikasi KAI Access, atau menggunakan aplikasi WhatsApp.

1. Membatalkan Tiket via KAI Access

Cara membatalkan tiket kereta api melalui KAI Access dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut.

  • Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
  • Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
  • Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  • Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  • Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  • Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat [email protected].

2. Membatalkan Tiket Kereta Api via WhatsApp

Selain melalui aplikasi KAI Access, cara membatalkan tiket kereta api juga bisa dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini sejatinya merupakan aplikasi bertukar pesan. Namun, keberadaannya dewasa ini juga dimanfaatkan untuk pelayanan pelanggan oleh beberapa perusahaan, termasuk PT Kereta Api Indonesia.

Cara membatalkan tiket kereta api melalui aplikasi WhatsApp dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...