Cara Cek RAM Laptop Beserta Tips Membersihkannya

Image title
22 Juli 2022, 14:48
cara cek ram laptop
Unsplash/Bram Van Oost
Ilustrasi, laptop.

RAM (Random Access Memory) adalah satu dari sekian komponen komputer atau laptop yang sangat dibutuhkan. RAM menentukan seberapa tangguh performa laptop ketika menjalankan suatu aplikasi atau tugas-tugas berat.

Pengertian dan Fungsi RAM

RAM mengemban fungsi vital sebagai wadah untuk menyimpan data atau instruksi program secara sementara pada komputer atau laptop. Artinya, jika laptop dimatikan, data yang tersimpan dalam RAM akan terhapus dan RAM akan kembali kosong.

Data-data yang disimpan di dalam RAM berasal dari sistem operasi, program, atau aplikasi yang tengah digunakan.

RAM bekerja membantu prosesor dalam mengolah data. Data-data yang dibutuhkan akan disimpan dalam RAM dan akan dipanggil untuk diproses di prosesor ketika dibutuhkan.

Kapasitas RAM dapat memengaruhi performa komputer atau laptop. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang bisa diproses. Selain kapasitas, jenis RAM juga dapat menentukan performa laptop. Ada beberapa jenis yang kerap ditemukan di pasaran, seperti DDR3, DDR4, dan DDR5. Umumnya, semakin besar kapasitas dan semakin baru jenisnya, semakin baik pula performa laptop yang digunakan.

Cara Cek RAM Laptop

Sebelum membeli laptop, penting untuk mengecek spesifikasinya yang terdiri dari prosesor hingga besarnya RAM. Sebab, seperti penjelasan di atas, hardware ini berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading pada laptop.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara cek RAM laptop agar dapat menimbang-nimbang seperti apa kiranya performa laptop yang akan digunakan. Mengutip berbagai sumber, berikut cara cek RAM laptop:

1. Cara Cek RAM Laptop lewat Task Manager

Cara cek RAM laptop lewat task manager bisa dilakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  • Klik Ctrl + Shift + Esc.
  • Pilihan lain dengan klik Taskbar.
  • Selanjutnya, pilih Task Manager.
  • Klik Performance.
  • Kapasitas serta penggunaan RAM berada pada kotak merah.

2. Cek RAM Laptop melalui Dxdiag

Untuk cek RAM dengan cara ini, cukup tekan Windows + R pada keyboard. Kemudian, akan muncul jendela RUN. Ketikan "dxdiag" dan klik Ok.

Selanjutnya, akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa informasi, salah satunya terkait RAM.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...