Studi Pustaka Adalah Referensi Penelitian, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
1 Agustus 2022, 13:49
studi pustaka adalah
pexels.com/brotiN biswaS
Ilustrasi, koran sebagai salah satu sumber studi pustaka

Dalam metode penelitian ada studi pustaka yang penting untuk sumber informasi. Penggunaan studi pustaka ini menjadi aturan penting untuk penulisan karya ilmiah.

Sebelum menulis penelitian, penulis membuat proposal rencana penelitian terlebih dahulu. Dalam proposal tersebut disertakan studi pustaka sebagai referensi. Studi pustaka penting untuk penulisan karya ilmiah dan acuan landasan teori.

Pengertian Studi Pustaka

Dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan, studi pustaka adalah bagian dari karya tulis ilmiah yang membahas penelitian terdahulu. Studi pustaka digunakan sebagai referensi ilmiah yang berhubungan dengan penelitian.

Studi pustaka disebut juga studi literatur, kajian pustaka, tinjauan pustaka, kajian teoritis, dan tinjauan teoritis. Pemakaian studi pustaka ini untuk menjelaskan teori-teori dari penelitian sebelumnya, yang relevan dengan topik penelitian. Penggunaan studi literatur berguna untuk menelusuri sumber tulisan. Selain itu menambah wawasan penulis yang berhubungan dengan objek penelitian. 

Studi pustaka penting untuk mendukung landasan teori dalam penelitian. Tanpa landasan teori, penelitian dan metode yang digunakan peneliti tidak berjalan lancar. Hal ini karena pengukuran berdasarkan acuan dasar teori.

Pengertian Studi Pustaka Menurut Para Ahli

1. Sukardi

Studi pustaka adalah dasar pijakan atau pondasi untuk membangun landasan teori, kerangka berpikir, dan menentukan dugaan sementara hipotesis penelitian.

2. Nasir

Studi pustaka merupakan teknik sekumpulan data untuk menelaah buku, pencarian literatur, catatan, dan laporan yang berhubungan dengan penelitian. Proses studi pustaka ini juga dipakai untuk mengumpulkan data. Nantinya penulis mencantumkan data tersebut dalam karya ilmiah. Pemakaian data dalam karya ilmiah ini juga mendukung sumber data yang valid.

3. Sarwono

Mengutip dari penerbitbukudeepublish.com, pengertian studi pustaka menurut Sarwono yaitu kegiatan mempelajari buku referensi. Kegiatan ini berguna untuk mendapatkan landasan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Menurut Sarwono, studi pustaka adalah kegiatan membaca buku dan mencari referensi. Tujuannya supaya peneliti memahami suatu topik atau tema penelitian.

4. Sugiyono

Studi literatur berhubungan dengan budaya, nilai, dan norma yang berkembang. Penggunaan kajian literatur ini untuk memahami situasi sosial yang diteliti.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...