Mencermati Fungsi, Komponen, dan Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Image title
2 Agustus 2022, 22:59
contoh surat rekomendasi beasiswa
123RF.com/Mkphotoshu
Ilustrasi, program beasiswa atau scholarship.

Dalam suatu persyaratan pendaftaran beasiswa, biasanya institusi yang menyelenggarakan program beasiswa mensyaratkan adanya surat rekomendasi atau letter of reccomendation. Keberadaan surat ini, diperlukan sebagai dokumen pendukung aplikasi pengajuan beasiswa.

Surat rekomendasi beasiswa disertakan bersama dengan curriculum vitae, serta transkrip nilai, dan dokumen-dokumen terkait, saat seseorang mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa.

Mengingat lembaga pendidikan, atau institusi lain yang menyelenggarakan program beasiswa, tidak mengenal secara dekat seorang calon peserta beasiswa. Maka, surat rekomendasi beasiswa kini menjadi dokumen yang wajib disertakan dalam aplikasi permohonan program beasiswa.

Fungsi Surat Rekomendasi Beasiswa

Secara umum, surat rekomendasi beasiswa berisi mengenai informasi terkait kualitas, karakter, kepribadian, dan prestasi calon peserta beasiswa.

Keberadaan surat rekomendasi beasiswa ini, bisa dikatakan sebagai semacam pengakuan dari seseorang terhadap orang lain yang mengajukan diri atau diajukan oleh pihak lain untuk menerima beasiswa.

Bisa dikatakan, fungsi utama surat rekomendasi beasiswa, adalah mengungkapkan potensi dan prestasi seseorang yang mengajukan permohonan beasiswa. Dengan kata lain, surat rekomendasi bisa dianggap sebagai legitimasi yang diperuntukkan bagi kepentingan studi seseorang.

Surat rekomendasi beasiswa menjadi salah satu syarat yang wajib yang dilampirkan ketika mengajukan diri pada program beasiswa. Sebab, surat rekomendasi ini dapat meyakinkan perguruan tinggi atau institusi lain yang menyediakan beasiswa, terkait kompetensi dan kapabilitas kandidat.

Umumnya, pihak yang mengeluarkan surat rekomendasi beasiswa adalah dosen, guru, atau pimpinan institusi pendidikan. Selain itu, pihak yang mengeluarkan surat ini, juga bisa merupakan pimpinan perusahaan di mana calon peserta beasiswa masih atau pernah bekerja.

Namun, inisiatif pengajuan surat rekomendasi beasiswa juga sering diawali dari permintaan calon penerima/peserta beasiswa. Seseorang yang tengah mengajukan permohonan beasiswa, bisa bisa meminta pihak-pihak tertentu yang memiliki kapasitas, untuk membuat surat rekomendasi.

Komponen Surat Rekomendasi Beasiswa

Sejatinya, tidak ada bentuk atau format resmi terkait surat rekomendasi beasiswa. Namun, secara umum surat rekomendasi ini memiliki beberapa komponen yang lazim ditemui.

Komponen yang terdapat dalam surat rekomendasi beasiswa sedikitnya ada lima, yakni sebagai berikut:

1. Kop Surat

Kop atau kepala surat, umumnya tercantum surat rekomendasi beasiswa. Hal ini untuk membuktikan bahwa pihak pemberi rekomendasi bernaung dalam suatu institusi, entah itu institusi pendidikan maupun perusahaan.

Keberadaan kop surat dalam surat rekomendasi beasiswa juga berarti bahwa, surat rekomendasi tersebut diberikan atas nama institusi. Hal ini membuat pelamar program beasiswa lebih dipercaya.

Keberadaan kop surat dalam surat rekomendasi beasiswa, membuat calon peserta program beasiswa dianggap kredibel dan layak untuk mendapat rekomendasi dari sebuah institusi tertentu.

2. Judul Surat

Judul surat rekomendasi beasiswa umumnya dibuat berbeda oleh tiap pemberi rekomendasi. Hal ini bisa berupa judul formal, dengan frasa "To whom it may concern".

Beberapa surat rekomendasi beasiswa bahkan tidak menyertakan judul, melainkan nomor surat seperti surat resmi. Nomor surat ini, menunjukkan keterangan bahwa surat tersebut merupakan surat rekomendasi beasiswa yang ditandatangani seseorang dengan jabatan tertentu dalam sebuah institusi.

3. Tanggal dan Nomor Surat

Tanggal dan nomor surat merupakan hal umum yang dicantumkan oleh sebuah institusi saat mengeluarkan surat rekomendasi beasiswa. Tanggal pada umumnya ditentukan kapan surat rekomendasi beasiswa tersebut ditandatangani.

Sedangkan, nomor surat ditentukan oleh bagian tata usaha atau administrasi dari sebuah bagian/divisi/departemen dari suatu institusi, terkait keluar masuknya surat dari/dan untuk institusi tersebut.

4. Isi Surat

Isi dari sebuah surat rekomendasi beasiswa ditulis oleh pihak pemberi rekomendasi berdasarkan apa yang ia ketahui tentang kapasitas atau kualitas akademis calon peserta beasiswa.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...