Spora Adalah Perkembangbiakan Tumbuhan Vegetatif, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
16 Agustus 2022, 16:54
spora adalah
pixabay.com/ Heiko Stein
Ilustrasi, tumbuhan berkembang biark dengan spora

Biologi termasuk ilmu yang mempelajari sifat dan keadaan makhluk hidup. Ilmu biologi mempelajari manusia, tumbuh-tumbuhan, dan hewan. Contohnya saja spora sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.

Spora menjadi alat perkembangbiakan untuk tumbuhan non vaskuler seperti jamur, lumut, dan paku. Secara umum perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu vegetatif dan generatif.

Advertisement

Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan makhluk hidup tanpa melalui perkawinan. Sehingga perkembangbiakan melalui sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Selain spora, perkembangbiakan tumbuhan vegetatif alami lainnya yaitu membelah diri, akar tinggal, umbi lapis, umbi batang, umbi akar, geragih, dan tunas.

Pengertian Spora

Pengertian spora adalah intisel yang berubah fungsinya menjadi alat perkembangbiakan. Spora juga berfungsi sebagai proses regenerasi yaitu pergantian sel rusak dengan jaringan sel baru pada tumbuhan. Tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan ini adalah jamur, ganggang, tumbuhan paku, dan lumut.

Umumnya spora berbentuk biji yang berukuran sangat kecil. Bentuk spora ini dapat dilihat melalui mikroskop. Spora ini kemudian dibentuk dan disimpan dalam kotak sporangium. Kemudian kumpulan sporangium ini akan membentuk sorus yang berada dibawah permukaan daun.

Struktur Spora

Mengutip dari gramedia.com, struktur spora dibagi menjadi lapisan luar (eksin), lapisan dalam (intin), korteks, dinding, dan korestasi pusat spora. Berikan penjelasan tentang lapisan spora pada tumbuhan:

1. Lapisan Luar (Eksin)

Lapisan luar terdapat daerah yang terbuka dan tipis disebut apertura. Fungsinya sebagai organ pengatur mekanisme volume cairan sel. Lapisan luar ini dapat dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, dan susunan unsur ornamen.

2. Lapisan Dalam (Intin)

Proses perkembangbiakan tanaman paku, jamur, dan lainnya berada di lapisan dalam. Pada lapisan ini protein menahan diri dari bahan atau aksi kimia, serta enzimatik terhadap spora itu sendiri.

3. Korteks

Korteks berfungsi melindungi tumbuhan dari suhu tinggi dan mencegah dehidrasi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement