Refleksi adalah Cerminan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
24 Agustus 2022, 12:25
refleksi adalah
Pexels/Louis Bauer
Ilustrasi, refleksi.

Kata refleksi berkaitan dengan kegiatan proses belajar mengajar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, refleksi adalah kata homonim yang memiliki pelafalan sama, tetapi arti yang bisa berbeda. Refleksi bisa menjadi kata kiasan atau bukan arti kata sebenarnya.

Pengertian Refleksi

Secara nomina atau kata benda, refleksi adalah pantulan atau gerakan diluar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar. Pengertian lain refleksi berdasarkan KBBI, yaitu gerakan otot yang terjadi karena suatu hal dari luar kemauan atau kesadaran.

Dari penjelasan diatas, refleksi adalah gerakan dari luar kesadaran atau kemauan. Refleksi bisa diartikan sebagai cerminan atau gambaran. Contohnya kalimatnya yaitu bahasa merupakan refleksi dari kecintaan terhadap bahasa tersebut.

Refleksi dalam bahasa Inggris adalah reflection. Arti reflection hampir sama dengan bahasa Indonesia. Menurut kamus Cambridge, reflection artinya gambar suatu cermin atau permukaan reflek.

Contoh kalimat refleksi dalam bahasa Inggris yaitu:

  • She was looking at her reflection in the mirror.
    (Dia melihat refleksi dirinya di cermin)
  • She could see her reflection in the water, shimmering in the moonlight.
    (Dia bisa melihat bayangannya di air, berkilauan dibawah sinar bulan)
  • She checked her reflection in the mirror.
    (Dia memeriksa bayangannya di cermin)
  • She caught sight of her reflection in the mirror on the door.
    (Dia melihat bayangannya di cermin pintu)
  • He smiled at his reflection in the mirror.
    (Dia tersenyum melihat bayangannya di cermin)

Mengenal Refleksi Diri 

Kata refleksi adalah kata yang erat dihubungkan dengan kata lain yang memiliki makna berbeda. Contohnya refleksi diri yang membantu seseorang untuk belajar, memahami, dan menghargai kehidupan.

Refleksi diri ini bagian dari proses untuk melihat dan merenungkan berbagai hal dalam hidup. Misalnya merenungkan pengalaman, keputusan, dan kebiasaan dari masa lalu. Refleksi diri membantu seseorang untuk berubah dan mengembangkan diri lebih baik kedepan.

Mengutip dari Holstee.com, refleksi diri adalah meluangkan waktu untuk memikirkan merenungkan, dan evaluasi diri sendiri. Refleksi diri ini bertujuan untuk evaluasi perilaku, pikiran, sikap, motivasi, dan keinginan.

Manfaat refleksi diri ini untuk memahami kelebihan dan kekurangan seseorang. Refleksi diri bisa membantu untuk mengetahui pengembangan diri dalam pekerjaan hingga sosial. Selain itu refleksi diri membantu seseorang mendapatkan sudut pandang baru untuk bersikap optimis di masa depan.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...