Memahami Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal dengan Mudah

Dwi Latifatul Fajri
24 Agustus 2022, 14:07
Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal
pexels.com
Ilustrasi Mengerjakan Matematika

Dalam matematika terdapat bilangan pecahan dan desimal. Bilangan pecahan adalah bilangan yang menggambarkan bagian dari keseluruhan. Bilangan pecahan dilambangkan dengan a/b. Bagian atas a disebut pembilang, sedangkan bagian b yang berada di bawah disebut penyebut. Perlu diketahui b tidak sama dengan angka 0.

Ada juga bilangan desimal yaitu bilangan yang terdiri dari dua angka atau lebih. Bilangan desimal disertai dengan tanda koma dibelakang angka artinya persepuluhan, per seratusan, atau perseribu. Contoh bilangan desimal yaitu 2,7 artinya 2 menunjukkan angka satuan sedangkan 7 menjelaskan angka persepuluhan.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal

Bilangan pecahan a/b dapat diubah ke bentuk pecahan desimal. Mengutip dari zenius.net, cara mengubah pecahan biasa ke dseimal yaitu membagi pembilang dengan penyebut. Misalnya pecahan 3/4, siswa menghitung 3 dibagi 4 hasilnya menjadi 0,75. Cara lain lain yaitu mengubah penyebut menjadi kelipatan 10 atau 100. 

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal
Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal (Buku Get Success UN Matematika)
  • Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa

Pecahan desimal dapat diubah ke bentuk pecahan biasa. Fungsi pecahan desimal yaitu menjelaskan atau menyederhankan bentuk bilangan pecahan. Cara mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa yaitu memindahkan tanda koma ke kanan, sebanyak angka di belakang tanda koma.

Contohnya saja 0,3 punya 1 angka dibelakang koma. Cara menentuka pembilang yaitu memindahkan tanda 1 kali di sebelah kanan. Sehingga 0,3 dalam bentuk pecahan menjadi 3/10. Contoh lain yaitu membagi bilangan desimal persepuluh atau perseratus sesuai angka dibelakang koma. Contohnya antara lain: 

Cara Mengubah Bilangan Desimal ke Pecahan Biasa
Cara Mengubah Bilangan Desimal ke Pecahan Biasa (Buku Get Success UN Matematika)
  • Pecahan Persen

Selain pecahan biasa dan desimal ada juga pecahan persen. Persen artinya perseratus menggunakan lambang "%" dibelakang angka. Contohnya 35% jika diubah dalam pecahan biasa yaitu 35/100.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Persen

Bilangan pecahan a/b dapat diubah dalam persen.  Caranya yaitu bilangan pecahan terdiri dari pembilang dan penyebut, dikalikan dengan 100%. Berikut contohnya menghitung pecahan biasa ke persen. 

Mengubah Bilangan Pecahan ke Persen
Mengubah Bilangan Pecahan ke Persen (Buku Get Success UN Matematika)
  • Mengubah Pecahan Biasa ke Desimal Lewat Kalkulator

Kalkulator membantu pelajar untuk menghitung pecahan desimal, pecahan biasa, dan persen. Caranya mengubah pecahan biasa ke desimal yaitu bagian angka pembilang dibagi dengan angka penyebut. Secara otomatis kalkulator akan membagi pecahan tersebut ke desimal. Misalnya pecahan 3/4 di kalkulator ditulis 3:4 kemudian tambahkan sama dengan (=) maka hasilnya menjadi 0,75. 

Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...