Tips dan Cara Membuat Vla Puding Manis

Dwi Latifatul Fajri
30 Agustus 2022, 12:30
cara membuat vla puding
Instagram.com/momsay_project
Ilustrasi, vla puding.

Vla puding masuk menu dessert lezat dan manis. Tekstur puding yang kenyal ditambah manisnya vla menjadi daya tarik. Biasanya vla puding disajikan dingin untuk dimakan.

Membuat vla puding di rumah bisa dilakukan. Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan untuk membuat puding yang kenyal dan manis. Tetapi anda perlu memperhatikan proses pembuatan vla.

Vla puding terbuat dari kuning telur. Jika gagal membuatnya akan berbau amis dan rasa vla tidak enak. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika membuat vla.

Proses Membuat Vla Puding

Sebelum membuat vla puding, perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat puding. Puding yang bisa dipilih, umumnya adalah puding rasa vanilla dan coklat.

1. Bahan membuat vla puding rasa vanila

1 butir kuning telur
1/4 sendok teh garam
Perisa vanila bubuk
300 ml susu cair
1,5 sdm tepung maizena
60 gram gula pasir

2. Bahan membuat vla puding rasa coklat

1 kuning telur
Tepung maizena
15 gram coklat bubuk
350 ml susu cair
50 gram gula pasir
15 gram coklat bubuk

Cara Membuat Vla Puding

  1. Siapkan panci untuk merebus susu cair, perisa vanila bubuk, tepung maizena, dan gula pasir.
  2. Nyalakan kompor lalu pakai api sedang. Masak bahan tersebut sampai mengental kemudian angkat sampai bahan dingin. Setelah itu campurkan kuning telur dan kocok sampai merata.
  3. Kemudian siapkan wadah tertutup, lalu masukkan vla puding rasa vanila ke dalam kulkas. Usahakan wadah tertutup rapat supaya vla tidak basi.

Tips Membuat Vla Puding

Mengutip dari endeus.tv, ada beberapa tips supaya vla tidak amis dan tercampur rata. Berikut tips membuat vla puding anti gagal:

  1. Masukkan susu cair dan gula pasir terlebih dahulu dalam panci menggunakan api kecil. Ketika memasak vla, dua bahan tersebut didahulukan. Tunggu sampai gula pasir larut ke dalam susu cair.
  2. Menambahkan tepung maizena setelah gula dan susu tercampur. Supaya vla kental ketika dicampur diatas puding, masukkan tepung maizena.
  3. Kemudian aduk sampai tekstur vla tidak cair. Tunggu sampai tepung maizena tercampur merata dalam rebusan susu dan gula.
  4. Langkah ketiga masukkan 1 butir kuning telur. Tetapi anda harus berhati-hati jika kuning telur pecah ketika dimasukkan dalam vla.
  5. Tips supaya kuning telur tidak pecah yaitu mengambil sedikit susu panas, kemudian dicampur ke dalam kuning telur. Cara ini disebut memancing supaya kuning telur tidak langsung pecah ketika dimasak dan vla tidak licin.
  6. Tambahkan esens vanila untuk menghilangkan bau amis. Kemudian aduk vla ketika memasak. Vla gagal terjadi ketika kuning telur pecah didalam. Hal ini terjadi ketika merebus vla tanpa diaduk.
  7. Jika kuning telur sudah dimasukkan, sebaiknya aduk vla sampai meletup. Selain itu mengaduk vla dapat mencegah endapan di dasar panci.

Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...