Mengenal Sejarah dan Gerakan Tari Tradisional Panji Semirang

Tifani
Oleh Tifani
2 September 2022, 12:12
tari tradisional
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Ilustrasi, sejumlah penari menampilkan tarian Budaya Bali Kontemporer di Pelataran, Jembrana, Bali.

Tari Panji Semirang merupakan salah satu tari tradisional yang berasal dari Bali. Secara umum Tari Panji Semirang berfungsi sebagai tari pertunjukan dalam acara-acara tertentu. Seperti acara peringatan, upacara keagamaan, dan masih banyak lagi.

Tari Panji Semirang tidak hanya sekadar menjadi hiburan rakyat semata. Namun, mengandung makna yang sangat dalam. Secara tidak langsung, tari ini mengedukasi masyarakat Indonesia tentang sejarah.

Advertisement

Mengutip buku Pembudayaan Literasi Seni di SD oleh Mansurdin (2020), Tari Panji Semirang adalah tarian yang diperkenalkan pertama kali oleh I Nyoman Kaler pada 1942. Kemudian tarian ini dilestarikan oleh para muridnya.

Kisah di Balik Tari Panji Semirang

Tarian ini mengisahkan tentang seorang putri bernama Galuh Candrakirana yang mencari pasangan hidupnya dengan cara menyamar sebagai laki-laki, dengan nama Raden Panji.

Tari tradisional ini menceritakan pengembaraan yang dilakukan Galuh Candrakirana usai kehilangan kekasihnya, yang bernama Galuh Inu Kertapaji. Dalam babad Bali, dikisahkan bahwa keduanya masih menjalin hubungan.

Galuh Candrakirana itu sendiri merupakan putri raja Kediri. Sedangkan Pangeran Inu adalah putra Raja Jenggala. Saat pangeran Inu akan melamar pujaan hatinya, seseorang bernama Galuh Liku memberitahukan bahwa Galuh Candrakirana sedang jatuh sakit dan menghilang secara tiba-tiba.

Kebohongan tersebut dilontarkan, karena Galuh Liku menyimpan perasaan kepada Galuh Inu Kertapaji dan ingin menikahinya. Namun, Galuh Inu Kertapaji berhasil lolos dari rencana Galuh Liku dan menghilang. Galuh Candrakirana kemudian memutuskan mengembara untuk mencari Galuh Inu Kertapaji.

Kisah tersebut, diabadikan melalui tari tradisional yang disebut dengan nama Tari Panji Semirang, dan biasanya dipentaskan di dalam pura. Namun dalam perkembangannya Tari Panji Semirang juga dapat dipentaskan diluar pura.

Pementasan Tari Panji Semirang

Tari Panji Semirang merupakan tari tradisional tunggal, yang dapat dibawakan penari laki-laki maupun perempuan. Walau aslinya tari tunggal, namun Tari Panji Semirang sering diperagakan dalam adegan drama sehingga melibatkan banyak penari didalamnya.

Seiring berjalannya waktu, tari tradisional ini hanya menampilkan nukilannya saja, tidak dibawakan dengan lengkap. Tari Panji Semirang termasuk ke dalam tari kakebyaran, yang mana diiringi gamelan berupa gong kebyar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement