5 Cara Menggabungkan Foto dengan Mudah di Ponsel Android

Image title
6 September 2022, 00:07
cara menggabungkan foto
William Fortunato/Pexels
Ilustrasi, seseorang mengambil foto menggunakan smartphone.

Keberadaan smartphone saat ini tidak hanya sebagai alat komunikasi saja. Lebih dari itu, ponsel pintar kini mampu melakukan berbagai hal yang dulunya hanya bisa dilakukan di komputer atau laptop. Salah satunya adalah menggabungkan dua foto menjadi satu.

Cara menggabungkan foto di ponsel pintar bisa dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya memanfaatkan situs yang menyediakan jasa tersebut, atau menggunakan aplikasi editing foto terbaik.

Bagi pecinta fotografi dan editing foto, mereka mungkin sudah sangat familiar dengan Adobe Photoshop. Software pengolah foto ini sangat populer digunakan untuk mengedit, memanipulasi, serta bisa menggabungkan gambar menjadi satu. Selain komputer, kini Adobe Photoshop sudah tersedia dalam versi mobile.

Aplikasi Photoshop mobile dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun Apple App Store. Di dalamnya terdapat sejumlah tools menarik untuk mengedit foto, salah satunya untuk menyatukan beberapa objek ke dalam sebuah foto. 

Bukan hanya Photosop saja, beberapa aplikasi di bawah ini bisa dipakai sebagai cara menggabungkan foto. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut rangkumannya.

Cara Menggabungkan Foto di Android Menggunakan Aplikasi

Bagi setiap orang, foto bisa menjadi benda paling berharga yang dimiliki. Apalagi jika foto tersebut memuat gambar dari pasangan terkasih, keluarga, teman, atau kerabat dekat.

Apabila dahulu foto hanya bisa diambil dengan kamera digital, maka saat ini ponsel pintar dilengkapi kamera mumpuni juga dapat mengabadikan sebuah foto yang hasilnya tidak kalah bagus. 

Agar foto yang diambil itu semakin menarik, banyak sekali pengguna smartphone ingin menggabungkan dua atau lebih gambar menjadi satu. Namun mereka tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

Cara menggabungkan foto agar jadi lebih menarik biasanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi pengedit foto. Hasil editan ini kemudian akan dibagikan kepada teman-teman di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. 

Mengutip dari Makeuseof.co, simak deretan aplikasi untuk menggabungkan foto yang mudah digunakan oleh pemula. Berikut daftarnya:

1. Adobe Photoshop Express

Tidak seperti versi komputernya, aplikasi bernama Adobe Photoshop Express ini memiliki berbagai macam fitur untuk mengedit foto. Termasuk di dalamnya adalah tool yang dapat dipakai sebagai cara menggabungkan foto.

Cara menggabungkan foto menggunakan Adobe Photoshop Express sangat mudah dilakukan. Berikut tutorialnya:

  • Pertama unduh aplikasi Adobe Photoshop Express di Play Store. Lalu instal di ponsel.
  • Buka aplikasi dan masuk ke akun Adobe. Jika belum memilikinya, pengguna dapat membuat akun baru secara gratis.
  • Selanjutnya berikan izin penyimpanan aplikasi.
  • Pada halaman utama, ketuk ikon kolase di sudut kanan bawah.
  • Setelah itu pilih gambar yang ingin digabungkan. Kemudian ketuk gambar tersebut. Lalu ketuk ikon berikutnya di kanan bawah.
  • Secara default, foto ini akan menggunakan tata letak vertikal jika memilih dua atau tiga gambar. Dalam kasus empat atau lebih gambar, aplikasi akan menempatkannya dalam tata letak kotak. 
  • Untuk mengubahnya, ketuk tata letak pratinjau apa pun di bilah alat bawah sehingga foto muncul berdampingan atau dalam tata letak yang dipilih.
  • Pengguna bisa menggunakan cubitan dua jari pada gambar untuk menyesuaikannya.
  • Apabila hasilnya sudah dirasa puas, ketuk ikon bagikan di kanan atas.
  • Pada layar berikut, ketuk Simpan ke Galeri untuk menyimpan foto gabungan tersebut.

2. Image Combiner

Image Combiner adalah aplikasi untuk menggabungkan foto yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store. 

Di dalam Image Combiner terdapat tool yang memungkinkan penggunanya, memilih salah satu foto di ponsel dan meletakkannya berdampingan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...