Melirik Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

Dwi Latifatul Fajri
9 September 2022, 16:43
sumber kekayaan keluarga kerajaan inggris
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/WSJ/sa.
Ilustrasi, anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Kerajaan Inggris termasuk monarki tua yang masih aktif hingga sekarang. Pemimpin kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia pada Kamis (8/9) waktu setempat. Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 68 tahun sejak 1952.

Sebagai kerajaan, para anggota keluarga memiliki aset dan kekayaan yang berbeda. Kerajaan Inggris membutuhkan dana besar untuk operasionalisasi, perawatan aset, dan kehidupan keluarga kerajaan.

Sumber utama kekayaan Kerajaan Inggris yaitu Sovereign Grant, The Duchy of Lancaster dan investasi anggota kerajaan. Sovereign Grant adalah dana yang diberikan pemerintah Inggris untuk pengeluaran kerajaan.

Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris

1. Sovereign Grant

Sovereign Grant adalah dana yang dikucurkan pemerintah Inggris untuk kerajaan. Dana ini dipakai Ratu dan anggota keluarga kerajaan untuk membayar tugas kerajaan. Sovereign Grant ini dikelola oleh Treasury.

Sovereign Grant disebut juga pembayaran yang didanai pembayar pajak. Dana dibayarkan keluarga kerajaan tiap tahun. Mengutip dari idxchannel.com, pada 2019 jumlah Sovereign Grant mencapai mencapai £44,4 juta atau sekitar Rp 763,1 miliar.

2. Crown Estate

Pembayaran Sovereign Grant berdasarkan keuntungan Crown Estate, yaitu bisnis properti yang dimiliki raja sebelumnya. Crown Estate dijalankan secara independen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement