Melirik Keindahan Pantai Lampuuk, Pesona Alam Tanah Rencong

Tifani
Oleh Tifani
12 September 2022, 14:21
Pantai Lampuuk
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi, suasana sunset Pantai Lampuuk Aceh Besar, Aceh, Selasa (31/12/2019).

Pantai Lampuuk menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal akan pemandangan matahari terbenam di Aceh.

Pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini, berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari pusat kota, yakni sekitar 15 kilometer (km) dari Banda Aceh.

Advertisement

Pantai dengan pasir putih dan bergaris pantai 5 km ini, menjadi salah satu pantai terdampak bencana Tsunami di Aceh pada 2004 lalu. Namun, perlahan kawasan ini kembali bangkit.

Pantai Lampuuk bahkan digagas menjadi salah satu sport tourism Indonesia. Meskipun berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang.

Ragam Aktivitas Menarik di Pantai Lampuuk

Bahkan, pengunjung dapat berenang dan berselancar di pantai ini. Selain itu, objek wisata ini menyediakan aktivitas hiburan lainnya seperti banana boat ataupun diving untuk melihat keindahan bawah laut.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantau Lampuuk, adalah mengunjungi konservasi penyu, yang terletak di Babah Dua.

Pengunjung harus memiih babah dua untuk masuk ke kawasan pantai ini apabila ingin melihat penyu. Konservasi penyu dapat menjadi wahana edukasi kepada anak-anak mengenai pelestarian lingkungan.

Meski aktivitas seputar konservasi penyu hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, Pengunjung tetap dapat menemukan sejumlah tukik atau anak penyu yang ditampung di kolam kecil, di salah satu sisi area ini. Tukik ini akan dilepas ke laut, ketika mereka dianggap sudah cukup mampu bertahan di alam lepas.

Di kawasan Pantai Lampuuk ini, pengunjung juga tidak perlu khawatir bakal kelaparan. Sebab, di kawasan ini banyak terdapat warung atau rumah makan yang siap menyajikan masakan dengan cita rasa khas Aceh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement