Prolanis Adalah Program Penyakit Kronis, Ini Tujuan dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
13 September 2022, 16:47
prolanis adalah
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Ilustrasi, BPJS Kesehatan

Prolanis singkatan dari Program Pengelolaan Penyakit Kronis. Istilah prolanis ini untuk mempermudah pelayanan peserta BPJS Kesehatan. Tujuan prolanis ini untuk mendukung penderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup optimal.

Selain itu tujuan prolanis untuk mendorong pasien mendapatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Sasaran prolanis ini ditujukan untuk pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi. Program prolanis ini juga meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan pencegahan pada pasien.

Definisi Prolanis

Prolanis adalah program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan untuk pasien penyakit kronis. Tujuan prolanis ini untuk mendorong kualitas hidup optimal sesuai indikator pada pemeriksaaan penyakit Diabetes Melitus tipe 2 dan hipertensi.

Berdasarkan riset kesehatan penyakit diabetes melitus dan hipertensi paling banyak di umur 55-74 tahun. Penyakit diabetes melitus bersifat menurun atau didapatkan karena gaya hidup tidak sehat. Kedua penyakit ini dapat mengganggu kinerja organ tubuh, bahkan berdampak pada penyakit ginjal dan jantung.

Mengutip dari buku Ragam Penanganan dan Pencegahan COVID -19 di Rumah Sakit dan Klinik Primer, ada berbagai kegiatan edukasi klub prolanis. Tujuan kegiatan edukasi ini untuk meningkatkan status kesehatan, memulihkan penyakit, dan mencegah timbulnya kembali penyakit kronis.

Berbagai aktivitas dalam prolanis yaitu konsultasi medis, Home Visit, Reminder, pemantauan status kesehatan, dan aktivitas klub, dan pemantauan status kesehatan.

Cara Mendaftar Prolanis

Program prolanis bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi penderita penyakit kronis. Ada berbagai manfaat jika mendaftar sebagai peserta prolanis seperti konsultasi kesehatan hingga pemeriksaan penyakit. Mengutip dari sehatq.com, berikut cara mendaftar sebagai peserta prolanis.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...