5 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan

Image title
23 Juni 2022, 14:45
Ilustrasi, cara cek nomor BPJS Kesehatan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Ilustrasi, cara cek nomor BPJS Kesehatan.

Cara cek nomor BPJS kesehatan perlu untuk Anda ketahui, mengingat nomor tersebut nantinya akan diperlukan untuk berbagai kebutuhan administrasi dan sebagainya. Deretan angka ini penting dalam pengecekan tagihan, sampai penggunaan fasilitas kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit. Bukan cuma itu, dengan nomor ini, peserta bisa tahu apakah kepesertaannya masih aktif atau tidak.

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan penjamin masyarakat untuk menghadapi situasi atau kondisi darurat terkait kesehatan. Dengan BPJS, peserta tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, terkait kesehatan.  Pasalnya, kartu ini menjamin seluruh anggotanya memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Mengutip Sikapiuangmu.ojk, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa disingkat BPJS merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Lembaga ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui nomor yang diperlukan setiap peserta dalam menggunakan layanan kesehatan ini bisa dilakukan secara online maupun offline dengan memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Berikut opsinya:

1. Website BPJS Kesehatan

Website BPJS Kesehatan menyediakan fasilitas BPJS-Checking yang bisa digunakan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan. Berikut caranya:

  • Masuk ke daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking dan buka fitur BPJS-Checking.
  • Masukan nomor kartu salah satu anggota keluarga
  • Lengkapi kolom tanggal lahir.
  • Isi angka validasi dan tekan tombol cek.
  • Jika berhasil, akan muncul data terbaru mengenai Nama Peserta, Nomor, Tagihan, Denda, Tanggal Pembayaran Terakhir, sampai Saldo. Data peserta yang muncul adalah data peserta dalam satu keluarga.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan melalui website adalah dengan mengunjungi laman bpjs-kesehatan.go.id dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan.

Selanjutnya, siapkan berkas yang diperlukan, seperti NIK. Masukan nomor tersebut dengan benar dan isi tanggal lahir. Terakhir, masukan angka validasi yang muncul di layar dan klik Cek.

2. SMS

Cara cek nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan mudah melalui pesan singkat atau SMS. Layanan ini dapat diakses dengan mengirim data NIK ke nomor 08777 5500 400.

Untuk mengetahui nomor BPJS dengan cara ini, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim pesan. Selanjutnya, pastikan juga Anda menulis format pesan dengan benar.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...