Frasa Adalah Gabungan Kata, Ini Pola Pembentuk, Jenis, dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
13 September 2022, 16:49
frasa adalah
Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi, buku.

Dalam sebuah kalimat terdapat sintaksis dan frasa yang saling berkaitan. Dalam ilmu bahasa, sintaksis adalah struktur internal kalimat. Sintaksis menjadi bagian dari cabang morfologi.

Satuan dalam sintaksis dibagi menjadi tiga yaitu frasa, klausa, dan kalimat. Sedangkan satuan terkecil dalam sintaksis adalah kata. Frasa disebut juga satuan sintaksis paling rendah, meski kata menjadi satuan terkecil. Secara umum frasa terdiri dari satu atau dua suku kata. Berikut penjelasan tentang frasa.

Pengertian Frasa

Frasa adalah gabungan kata gramatikal yang mengisi bagian sintaksis. Artinya dalam frasa tidak terdapat predikat. Frasa terbentuk dari dua buah kata atau lebih yang mengisi fungsi sintaksis. Frasa disebut juga satuan terendah dalam sintaksis.

Dalam buku Linguistik Umum, frasa terdiri dari morfem-morfem bebas. Contoh gabungan kata yang membentuk frasa yaitu sudah makan atau rumput tetangga. Dari dua kata tersebut menjelaskan frasa tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu kata dipisahkan dapat mengubah arti dalam kalimat.

Contoh frasa lainnya yaitu dapur baru dalam kalimat Indra memasak di dapur baru. Frasa dapur baru menjelaskan dapur milik Indra masih baru. Jika salah satu kata dihapuskan maka artina bisa berbeda. Tetapi penulis bisa memindahkan frasa di awal kalimat. Contohnya di dapur baru Indra memasak.

Pola Pembentukan Frasa

  • Kata benda + kata benda, contoh frasa rumah kayu, kapal layar
  • Kata benda + kata kerja, contoh frasa kapal terbang, baju renang
  • Kata benda + kata sifat, contoh frasa kitab suci, baju bersih
  • Kata kerja + kata benda, contoh frasa mandi uang, pulang kampung
  • Kata keterangan + kata sifat, contohnya amat kuah, sangat tinggi

Jenis Frasa

1. Frasa Eksosentrik

Jenis frasa yang tidak memiliki konstruksi sama dengan komponen pembentuknya. Maksudnya setiap komponen dari frasa eksosentrik ini tidak dapat dipisahkan.

Contoh Frasa:

Mika les piano di sekolah (jika frasa di sekolah dihilangkan) maka tidak terdapat unsur keterangan di kalimat).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...