Proposisi Adalah Kalimat Pernyataan, Ini Jenis dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
9 Agustus 2022, 09:47
proposisi adalah
Unsplash/Kiwihug
Ilustrasi, buku.

Dalam bahasa Indonesia, proposisi adalah pernyataan dalam bentuk kalimat yang mempunyai arti penuh dan utuh. Proposisi terdiri dari 3 bagian utama yaitu subjek, predikat, dan kopula. Pengertian kopula adalah kata yang menghubungkan subjek dan predikat.

Kopula dalam kalimat bahasa Indonesia tidak selalu dipakai. Tetapi dalam proposisi, kopula wajib digunakan. Contoh kata kopula yaitu adalah, ialah, itu, dan sebagainya. Berikut penjelasan tentang kalimat proposisi beserta contohnya.

Pengertian Proposisi

Mengutip dari buku Pengantar Logika, proposisi adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya atau dapat ditolak. Sedangkan dalam buku Dasar-Dasar Logika, proposisi adalah sebuah pernyataan dalam kalimat yang memiliki arti penuh dan utuh.

Proposisi disebut juga kalimat pernyataan yang dipakai sebagai data. Dalam bentuk pernyataan proposisi mempunyai hubungan antara data dan subjek. Kesimpulannya proposisi adalah kalimat netral karena tidak berbentuk kalimat tanya, harapan, atau perintah.

Contoh Kalimat Proposisi

  • Semua (pembilang quantifier) adalah (kopula) manusia (subjek) fana (predikat)

Contoh kalimat diatas termasuk proposisi logika menggunakan kopula. Pemakaian kopula wajib digunakan sebagai kata penghubung. Berikut perbedaan antara kalimat biasa dan proposisi logika:

  • Kalimat biasa

Semua manusia fana
Ternyata masih ada manusia biadab

  • Proposisi logika

Semua manusia adalah fana
Sebagian manusia adalah biadab

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...