Menengok Pesona Wisata Gunung Dempo yang Menawarkan Kesejukan

Tifani
Oleh Tifani
14 September 2022, 12:08
wisata gunung dempo
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Ilustrasi, kebun teh di Kawasan Gunung Dempo, Sumatera Selatan.

Kawasan wisata Gunung Dempo merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kota Pagaralam, tepatnya perbatasan antara Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Gunung Dempo juga merupakan gunung berapi aktif, sekaligus puncak tertinggi dari Bukit Barisan yang membentang di Sumatera Selatan. Tidak heran apabila gunung ini menjadi tujuan para pendaki. Gunung ini berada di ketinggian 3.173 meter di atas permukaan laut (mpdl).

Kawasan wisata Gunung Dempo juga dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta dan komoditi teh dengan kualitas ekspor. Berada di dataran tinggi, destinasi wisata ini menyajikan udara yang segar dan sejuk.

Selain itu kawasan wisata ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah. Tidak heran ketika waktu akhir pekan dan waktu liburan tiba, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Aktivitas Wisata Gunung Dempo

Lokasi wisata kaki Gunung Dempo ini sudah banyak dilengkapi fasilitas penunjang wisata, seperti tempat penginapan dengan berbagai fasilitas dan juga pusat belanja oleh-oleh. Dilansir dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, berikut destinasi wisata yang dapat dikunjungi di kaki Gunung Dempo.

1. Kebun Teh

Kebun teh di kawasan wisata ini terhampar di lereng Gunung Dempo. Luasnya kebun teh ini sekitar 1.523 hektare (ha). Kebuh teh ini menghasilkan teh basah hingga 15.381 ton. Sedangkan teh kering hingga 3.434 ton.

Kebun teh ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya sejak 1929. Daun teh dari kebun ini diolah menjadi beberapa merek teh lokal, seperti teh Orthodox, CTC, dan Green Tea. Jenis oalahan daun teh yang paling terkenal dari kebuh ini adalah produk teh hitam. Selain diolah menjadi merek teh lokal, sebagian hasil dari Kebun Teh Kaki Gunung Dempo ini diekspor ke beberapa negara.

Wisatawan dapat mengunjungi kebuh teh ini sebagai salah satu pilihan beraktivitas di kawasan wisata Gunung Dempo. Hal unik lainnya dari perkebunan ini adalah bila bertemu dengan pemetik tehnya, sebagian besar menggunakan bahasa Jawa.

Sebab para pemetik teh di sini memang dikirim dari Jawa Tengah oleh Belanda dan mereka menetap di lereng Gunung Dempo ini. Harga tiket masuk perkebunan teh Gunung Dempo dibanderol sebesar Rp 5.000.

2. Air Terjun Curup Mangkok

Curup mangkok adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan wisata Gunung Dempo. Air terjun ini mengalir dari bebatuan yang besar dan dikanan kirinya ada pepohonan. Wisatawan harus mendaki lereng gunung untuk mencapai air terjun ini. Meski jalanan menuju air terjun Curup Mangkok sedikit curam, namun upaya ini sebanding dengan pemandangan alam yang didapatkan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...