Cukup Tinggi, Segini Besaran Gaji Kurir Anteraja

Annisa Fianni Sisma
15 September 2022, 10:59
gaji kurir Anteraja
Anteraja.id
Ilustrasi, kurir Anteraja.

Gaji kurir Anteraja bisa menjadi informasi yang cukup menarik untuk disimak para pencari kerja. Pasalnya, dengan semakin berkembangnya lini bisnis jasa pengiriman, maka kebutuhan akan kurir pun terus meningkat.

Ini tidak berlebihan, karena untuk Anteraja misalnya, mencatatkan peningkatan volume pengiriman paket hingga dua kali lipat pada semester I-2022. Pada periode yang sama tahun sebelumnya, rata-rata volume pengiriman Anteraja sekitar 500.000 paket per hari. Artinya, sepanjang paruh pertama 2022, rata-rata volume pengiriman bisa mencapai 1 juta paket per hari.

Besaran volume ini membuka peluang perusahaan jasa logistik yang berada di bawah naungan PT Adi Sarana Armada Tbk ini, untuk terus berekspansi. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk para pencari kerja melirik sejenak informasi mengenai perusahaan ini, termasuk soal gaji kurir Anteraja.

Terkait besaran gaji, Anteraja termasuk sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman yang memberikan gaji yang bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya. Tak hanya gaji, Anteraja juga memberikan beberapa insentif dan tunjangan untuk memotivasi kerja para kurirnya.

Gaji Kurir Anteraja

Dari beberapa sumber, diketahui bahwa gaji kurir Anteraja di luar tunjangan berada di kisaran Rp 2,5 juta hingga hingga Rp 3,5 juta. Besar kecilnya nominal gaji tersebut bisa sangat variatif, sebab gaji pokok akan tergantung dari kebijakan upah minimum regional (UMR) atau upah minimum kabupaten/kota (UMK) di setiap daerah.

Sama dengan gaji kurir di perusahaan logistik lainnya, Anteraja tidak hanya memberikan gaji pokok bulanan saja kepada kurir. Namun, juga menambahkan bonus, insentif, tunjangan dan lain-lain.

Alhasil, meski besaran pokok gaji kurir Anteraja tidak terlalu besar dari sisi nominal, pendapatan bulanan yang diterima kurir Anteraja bisa lebih tinggi karena ada penambahan bonus. Ini yang membuat Satria, julukan kurir Anteraja, betah dengan pekerjaan, meski beban kerjanya besar.

Secara perinci, perhitungan pendapatan yang diterima oleh kurir Anteraja adalah sebagai berikut:

  • Gaji pokok (menyesuaikan UMR/UMK daerah masing-masing).
  • Insentif / bonus pengiriman jika memenuhi target.
  • Biaya perawatan kendaraan.
  • Bonus uang makan harian.
  • Uang transport.

Seluruh rincian pendapatan yang telah disebutkan di atas, akan ditotal dan diakumulasi dalam satu bulan. Baik gaji pokok, maupun tunjangan dan bonus seluruhnya diberikan per bulan. Sehingga, jika ditotal gaji kurir Anteraja bisa lebih dari UMR/UMK.

Adapun, persyaratan untuk menjadi kurir Anteraja, adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berlaku.
  2. Sehat jasmani serta rohani/kejiwaan.
  3. Berjenis kelamin baik pria maupun wanita.
  4. Berusia maksimal 45 tahun.
  5. Pendidikan minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP).
  6. Memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) C atau A aktif.
  7. Memiliki kendaraan bermotor roda dua pribadi yang masih dapat beroperasi dengan baik, dan maksimal keluaran tahun 2012 tanpa modifikasi.
  8. Memiliki handphone dan mampu mengoperasikannya untuk berkomunikasi dan mengunduh aplikasi tertentu.

Sekilas tentang Anteraja

Seperti telah disebutkan, Anteraja merupakan perusahaan jasa pengiriman (logistik) yang berada di bawah naungan PT Adi Sarana Armada Tbk. Perusahaan ini bagian dari Triputra Group, konglomerasi Tanah Air yang dibangun oleh Theodore Permadi Rachmat alias TP Rachmat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...