Bukan Sembarang Profesi, Ini Dia Gaji Tukang Parkir Pesawat

Ghina Aulia
15 September 2022, 17:15
gaji tukang parkir pesawat
pexels/Joe Ambrogio
Ilustrasi, marshaller.

Ketika naik pesawat, biasanya kita tinggal duduk di kursi penumpang. Sesaat setelah itu, pesawat lepas landas dan terbang. Memakan waktu beberapa jam, pesawat pun sampai dan kita turun dari pesawat.

Ya, itulah yang umumnya Anda rasakan sebagai penumpang. Selain itu, tentu juga tahu bahwa ada pilot, sang pengemudi pesawat. Tak lupa bersama awak pesawat yang memiliki tugas masing-masing.

Advertisement

Namun, apakah Anda ingat bahwa ada peran penting di landasan pesawat? Atau, mereka yang memberikan arahan dengan tanda-tanda yang tidak dipahami orang awam. Atas arahan tersebut, pilot mengarahkan pesawatnya sebelum lepas landas.

Ya, mereka adalah marshaller, dengan sebutan yang lebih umum adalah "tukang parkir pesawat, yang biasa bertugas sebelum pesawat berangkat dan ketika tiba di bandar udara.

Tak heran, ketika di lapangan bandar udara, banyak sekali petugas yang berkeliaran. Para tukang parkir pesawat inilah yang mengakomodasi dan mengarahkan pesawat agar berada di posisi yang tepat.

Walaupun jika dilihat, yang mereka kerjakan terlihat mudah dan sederhana, ternyata menjadi marshaller memerlukan keahlian khusus. Mengingat kendaraan yang diparkir juga pesawat, tentu saja tidak boleh sembarangan.

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Dilansir dari Detik, seorang marshaller merupakan kepanjangan mata pilot Tentu saja karena tugasnya memberikan arahan melalui gerak badan, arahan tersebut harus akurat. Selain karena lapangan yang luas, pesawat juga memiliki bentuk yang sangat besar. Maka dari itu, pilot memerlukan arahan yang jelas.

Marshaller tetap harus menjalankan tugas walau cuaca dengan tidak baik. Hal tersebut tentu saja untuk keselamatan pesawat serta semua orang yang berada di dalamnya. Maka dari itu, marshaller ini sangat penting perannya dalam suatu penerbangan.

Di Indonesia, umumnya mereka bekerja sekitar 13 jam per hari. Walau cukup panjang, ternyata gaji tukang parkir pesawat atau marshaller ini juga cukup tinggi.

Di Indonesia, gaji tukang parkir pesawat berada di kisaran Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000. Hal tersebut diungkapkan oleh Arif Husni, yang tidak lain adalah seorang marshaller.

Beda tipis dengan yang diungkapkan CNBC Indonesia, yang menyebutkan, bahwa gaji tukang parkir pesawat atau marshaller berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement