Sinopsis Novel 5 cm, Kisah Arti Persahabatan dan Mimpi

Destiara Anggita Putri
16 September 2022, 11:13
sinopsis novel 5 cm
Unsplash
Ilustrasi, buku novel.

Membicarakan tentang novel fenomenal, sudah jelas bahwa novel berjudul “5 cm” layak dimasukkan ke dalam kategori tersebut. Novel yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro ini dan diterbitkan oleh penerbit Grasindo ini berhasil menarik perhatian para pembaca sehingga berhasil masuk ke jajaran novel best seller

Tidak hanya itu saja, novel ini bahkan menjadi best seller selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006. Hingga saat ini, novel ini terjual sebanyak jutaan kopi dan telah dicetak ulang berkali-kali.

Advertisement

Kesuksesan novel ini juga menarik perhatian Rizal Mantovani untuk mengadaptasinya menjadi film layar lebar. Sama seperti novelnya, film " 5 cm" yang dirilis pada 2012 juga berhasil menjadi film box office dan telah ditonton oleh 2,5 juta penonton. Bahkan film ”5 cm”  juga berhasil meraih 5 nominasi Piala Citra.

Mengisahkan tentang kisah persahabatan cinta, dan mimpi, novel ini sangat layak untuk dibaca oleh anak muda. Banyak pesan moral yang bisa diambil dari novel ini seperti keberanian untuk meraih mimpi, pantang menyerah, serta mengajarkan arti persahabatan yang sesungguhnya.

Bila Anda ingin membaca novel yang menceritakan kisah sederhana tentang persahabatan, maka Anda harus segera membaca novel ini. Berikut sinopsis  novel 5 cm.

Sinopsis Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro

Novel ini menceritakan kisah persahabatan lima anak muda yaitu Genta, Arial, Riani, Zafran, dan Ian. Mereka telah bersahabat selama tujuh tahun dan sering menghabiskan waktu bersama di tempat tongkrongan favorit mereka.

Lima sahabat ini memiliki sifat unik yang membuat persahabatan mereka  menjadi sangat menyenangkan.  Arial adalah sosok pria yang paling tampan dan sporty diantara mereka berlima. Kemudian Ada Riani yang merupakan seorang cewek yang kompetitif dan cerdas karena kesukaannya membaca dan belajar.

Tokoh lainnya adalah Zafran yang digambarkan sebagai sosok puitis yang  sangat menggemari syair dan sastra. Lalu ada karakter Ian yang merupakan seorang fans fanatik sepak bola. Terakhir adalah Genta,  seorang aktivis kampus yang juga dianggap sebagai leader diantara mereka berlima.

Cerita dimulai ketika Genta mengusulkan bahwa mereka tidak boleh bertemu dan berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan. Genta berpendapat jika mereka melakukan hal ini maka mereka bisa lebih fokus untuk mencapai goals pribadi mereka dan membenahi diri

Pada awalnya, ide ini ditentang oleh Riani. Tapi, pada akhirnya mereka semua sepakat untuk melakukannya. Selama tiga bulan mereka tidak bertemu, banyak hal yang telah mereka lakukan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement