Cara Mengambil Uang di ShopeePay

Ghina Aulia
19 September 2022, 17:02
cara mengambil uang di shopeepay
shopee
Ilustrasi, platform Shopee.

Sekarang ini, banyak sekali e-commerce agau portal belanja online. Selain memudahkan dalam berbelanja, persaingan harga juga menjadi faktor ketertarikan pengguna.

Banyak e-commerce yang bersaing dengan sengit untuk mendapatkan pelanggan. Mulai dari promosi melalui influencer, promo dan diskon secara berkala, hingga tradisi ‘bakar uang’ dengan mengundah idola ternama kelas dunia. Misalnya seperti BLACKPINK di iklan Shopee, BTS di Tokopedia dan masih banyak lagi.

Tak hanya sampai di situ, masing-masing e-commerce juga gencar menawarkan berbagai layanan yang kerap memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah metode pembayaran.

Umumnya, mereka memberikan opsi metode pembayaran yang beragam. Di antaranya adalah transfer dari rekening bank, menyambungkan kartu debit atau kredit, melalui e-wallet, menggunakan poin hingga fitur pay later.

Sekilas tentang Shopee dan Fitur ShopeePay

Tak seperti e-commerce kebanyakan, Shopee menghadirkan portal belanja online sekaligus e-wallet. Melalui fitur ini, konsumen bisa melakukan belanja dengan mudah lewat gawai-nya masing-masing. Sebab, tidak perlu lagi harus ke anjungan tunai mandiri (ATM), atau keluar dari halaman Shopee untuk melakukan transfer melalui mobile banking.

Shopee merupakan e-commerce asal Singapura yang hadir di Indonesia sejak 2018. Dalam waktu singkat, Shopee berhasil menjadi lebih dari sekadar penantang bagi raja e-commerce Indonesia, yakni Tokopedia.

Riset iPrice menunjukkan, pada kuartal I-2022, Tokopedia dan Shopee masih memimpin pasar e-commerce Indonesia. Persaingan keduanya semakin ketat jika dilihat berdasarkan rata-rata jumlah pengunjung per bulan.

Menurut data iPrice, rata-rata pengunjung bulanan laman Tokopedia mencapai 157,2 juta pada kuartal I-2022. Angka tersebut naik 5,1% dari kuartal IV 2021 yang tercatat 149,6 juta kunjungan. Sementara Shopee di urutan kedua, dengan rata-rata pengunjung bulanan mencapai 132,77 juta pada kuartal I-2022, naik 0,6% dari kuartal sebelumnya yang masih 131,9 juta.

Salah satu penyebab Shopee sedemikian sukses diterima oleh masyarakat Indonesia, karena adanya fitur ShopeePay, untuk memudahkan belanja online. Fitur yang disediakam juga tak kalah dengan e-wallet lainnya seperti GoPay, Paypal, DANA, OVO, Line Bank dan yang lainnya.

Menariknya, pengguna dapat menarik saldo ShopeePay dan mengembalikannya ke rekening bank dalam bentuk uang digital utuh. Pun yang akan dibahas lebih lanjut adalah bagaimana cara mengambil uang di Shopee Pay.

Adapun, fitur di ShopeePay meliputi pengisian dan penarikan saldo, transfer antar ShopeePay dan rekening bank, ShopeePay THR, ShopeePay Plus, ShopeePay Sekitarku, SPayLater, SPinjam hingga layanan asuransi.

Di samping itu, ShopeePay juga umum digunakan sebagai alat transaksi di luar Shopee. Banyak sekali toko, tempat makan dan pusat perbelanjaan yang memberlakukan pembayaran dengan ShopeePay.

Misalnya seperti Indomaret dan Alfamart. Kode Bar QRIS juga dapat dipindai dengan ShopeePay. Dengan demikian, bisa dikatakan e-wallet sudah sangat umum di kalangan masyarakat.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...