Mengenal Tradisi Manene, Ritual Khas Suku Toraja

Tifani
Oleh Tifani
20 September 2022, 18:58
Tradisi Manene
Dok. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara
Ilustrasi, Tradisi Manene Suku Toraja

Berbagai suku dan daerah di Indonesia memiliki tradisi khas yang berbeda-beda, salah satunya adalah tradisi Manene. Tradisi khas Suku Toraja ini merupakan upacara membersihkan jenazah para leluhur keluarga, yang sudah berusia berpuluh-puluh tahun atau bahkan ratusan tahun.

Dalam buku berjudul "70 Tradisi Unik Suku Bangsa di Indonesia" oleh Fitri Haryani, tradisi Manene bermula dari seorang pemburu binatang yang bernama Pong Rumasek. Pada zaman dahulu Pong menemukan sebuah jenazah yang kondisinya memprihatinkan.

Kemudian, Pong membawa jenazah tersebut ke rumah untuk dipakaikan baju yang bagus atau pun layak dan dikuburkan ketempat yang aman.

Lalu dari perbuatan Pong itu, ia mulai mendapatkan banyak berkah, dimulai dari pertanian yang panennya lebih cepat dan hasilnya lebih bagus. Pong pun mulai menganggap bahwa jika menghormati dan merawat orang lain itu akan dibutuhkan, sekalipun orang tersebut sudah tidak bernyawa namun bisa merawatnya melalui jenazahnya.

Prosesi dalam Tradisi Manene

Tradisi Manene ini sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan turun temurun ke masyarakat Baruppu, Pedalaman Toraja Utara. Ritual Manene sendiri termasuk kedalam upacara Rambu Solo’ atau yang sering disebut dengan upacara kematian.

Tradisi Manene ini dilakukan oleh masyarakat setiap tiga tahun sekali dan dilakukan secara bersama atau serentak dengan warga desa lainnya. Tradisi ini dilakukan karena prosesi Manene yang membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu dengan waktu satu minggu.

Untuk pelaksanannya sendiri dilakukan setelah musim panen, karena jika dilakukan sebelum masa panen dianggap bisa membawa sial bagi hasil panen, seperti sawah dan ladang akan mengalami kerusakan.

Tradisi Manene ini diadakan pada Agustus, di mana masyarakat Tana Toraja akan mengeluarkan peti jenazah dari Patane. Patane ini merupakan kuburan berbentuk rumah tempat yang dijadikan untuk menyimpan jenazah, yang terletak di Lembang Paton, Sariale, Toraja Utara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...