4 Cara Copas dari PDF ke Word Paling Mudah

Image title
22 September 2022, 13:39
Cara copas dari PDF ke Word
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang tengah bekerja menggunakan Microsoft Word

Melakukan copy-paste (copas) adalah sesuatu hal yang lumrah saat ini. Apalagi ketika Anda sedang mengerjakan sebuah dokumen di Microsoft Word. Dengan kiat tersebut, Anda akan lebih mudah menambahkan informasi atau keterangan tambahan pada tulisan tersebut.

Sumber-sumber seperti artikel, berita, dan laporan penelitian di internet banyak sekali disadur untuk kemudian diparafrasa. Umumnya, tulisan yang ada di halaman website cenderung lebih mudah disalin serta ditempelkan pada dokumen di Word. Namun hal tersebut nampaknya agak sulit dilakukan, kalau Anda mengutipnya di PDF.

Seperti yang kita tahu, cara copas dari PDF ke Word memang sangat mudah dilakukan. Akan tetapi, hasil tulisan yang disalin biasanya tidak begitu rapi. Sehingga Anda perlu mengeditnya dulu lalu mengubah strukturnya.

Selain itu, ada juga beberapa file PDF yang tidak bisa Anda salin. Terlebih lagi kalau isinya adalah hasil scan sebuah dokumen. Untuk cara copas PDF ke Word, Anda memerlukan trik tertentu agar hasilnya lebih rapi.

Artikel kali ini akan membantu Anda agar lebih mudah mengaplikasikan cara copas dari PDF ke Word. Sehingga hasilnya terlihat rapi dan tidak berantakan.

Bagaimana cara copas dari PDF ke Word yang mudah dan cepat? Berikut rangkumannya.

Sekilas tentang PDF

PDF adalah jenis file yang banyak digunakan untuk berbagi dokumen saat ini. Dokumen dengan ekstensi PDF dinilai aman dan tidak mengubah kualitas filenya ketika dikirim melalui sejumlah platform.

Menukil situs Adobe.com, Protable Document Format atau PDF adalah jenis file yang diciptakan pertama kali oleh salah satu pendiri Adobe bernama Dr. John Warnock. Dia meluncurkan ide yang disebutnya dengan The Camelot Project itu pada tahun 1991. 

Saat ini dokumen yang disimpan dalam format PDF bisa disisipkan tautan audio, video, dan lainnya. Sehingga, Anda bisa dengan mudah membuat berbagai jenis dokumen.

Cara Menyalin Tulisan dari PDF ke Word 

Apabila Anda mencari cara copas dari PDF ke Word yang mudah dan hasilnya rapi, berikut beberapa metode yang bisa dicoba.

1. Menggunakan Notepad

Cara pertama yang mungkin sudah sangat umum dilakukan adalah dengan menyalin teks dari PDF, kemudian menaruhnya ke Notepad. Metode ini hanya bisa dilakukan apabila Anda memakai perangkat laptop atau komputer.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...