4 Cara Kompres File Word yang Praktis dan Cepat

Image title
21 September 2022, 20:14
Cara kompres file word
pexels/PNW Production
ilustrasi cara kompres file word.jpg

Banyak orang penasaran dengan cara kompres file Word. Padahal untuk melakukannya sangatlah mudah. Pengguna cukup melakukan beberapa metode yang bisa dicoba tanpa menggunakan aplikasi lain.

Dokumen Word sendiri tidak hanya berisi deretan teks. Sebab, aplikasi semacam ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah tulisan beserta beberapa elemen pendukung seperti gambar, grafik, tabel, dan sebagainya. File itu kemudian dapat disimpan ke komputer atau ponsel pintar.

Umumnya ukuran sebuah file word akan mengikuti besarnya media yang disisipkan pada dokumen tersebut. Sebagai contoh, apabila pengguna hanya memasukan beberapa objek ke dalam dokumen, maka ukuran filenya akan bertambah sesuai total ukuran objek itu.

Namun demikian, saat pengguna menyisipkan terlalu banyak elemen pada dokumennya, itu akan membuat ukuran dokumen tersebut menjadi lebih besar. Bahkan bisa saja, size filenya sampai ratusan megabyte (MB).

Untuk mengecilkannya ada sejumlah tips yang bisa diaplikasikan. Salah satunya yaitu mengatur besar dan kecilnya objek yang ditambahkan ke dalam Word.

Apabila trik tersebut tidak berhasil, masih ada lagi cara kompres file Word. Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, simak tata cara mengecilkan ukuran dokumen pada Microsoft Word berikut ini.

Kumpulan Cara Mengecilkan Ukuran File Word Mudah dan Praktis

Penggunaan Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata sudah umum sekali. Anda bahkan bisa menemukan orang yang memakai software tersebut hampir di seluruh bidang pekerjaan.

Tidak hanya pemakaiannya yang mudah, di dalam perangkat lunak ini tersedia berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk mengedit hingga menyunting tulisan. Meski kini banyak aplikasi serupa, namun karena kelengkapan fiturnya agaknya keberadaan Word belum bisa tergantikan.

Sebagai app yang populer, Anda bisa melakukan apa saja untuk membuat dokumen di dalam aplikasi ini. Misalnya seperti menerapkan cara kompres file Word.

Berbicara mengenai mengubah ukuran sebuah file dengan ekstensi "docx", idealnya Anda bisa memakai aplikasi atau situs pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk memperkecilnya. Akan tetapi, kalau Anda ingin melakukannya tanpa menggunakan aplikasi, ikuti panduannya di bawah ini:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...