4 Cara Kompres File Word yang Praktis dan Cepat

Cara kompres file Word bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengubah ukurannya langsung di Microsoft Word, atau memakai situs untuk mengecilkannya.
Image title
21 September 2022, 20:14
Cara kompres file word
pexels/PNW Production
ilustrasi cara kompres file word.jpg

Banyak orang penasaran dengan cara kompres file Word. Padahal untuk melakukannya sangatlah mudah. Pengguna cukup melakukan beberapa metode yang bisa dicoba tanpa menggunakan aplikasi lain.

Dokumen Word sendiri tidak hanya berisi deretan teks. Sebab, aplikasi semacam ini memungkinkan penggunanya untuk membuat sebuah tulisan beserta beberapa elemen pendukung seperti gambar, grafik, tabel, dan sebagainya. File itu kemudian dapat disimpan ke komputer atau ponsel pintar.

Umumnya ukuran sebuah file word akan mengikuti besarnya media yang disisipkan pada dokumen tersebut. Sebagai contoh, apabila pengguna hanya memasukan beberapa objek ke dalam dokumen, maka ukuran filenya akan bertambah sesuai total ukuran objek itu.

Namun demikian, saat pengguna menyisipkan terlalu banyak elemen pada dokumennya, itu akan membuat ukuran dokumen tersebut menjadi lebih besar. Bahkan bisa saja, size filenya sampai ratusan megabyte (MB).

Advertisement

Untuk mengecilkannya ada sejumlah tips yang bisa diaplikasikan. Salah satunya yaitu mengatur besar dan kecilnya objek yang ditambahkan ke dalam Word.

Apabila trik tersebut tidak berhasil, masih ada lagi cara kompres file Word. Bagi Anda yang ingin mempelajarinya, simak tata cara mengecilkan ukuran dokumen pada Microsoft Word berikut ini.

Kumpulan Cara Mengecilkan Ukuran File Word Mudah dan Praktis

Penggunaan Microsoft Word sebagai aplikasi pengolah kata sudah umum sekali. Anda bahkan bisa menemukan orang yang memakai software tersebut hampir di seluruh bidang pekerjaan.

Tidak hanya pemakaiannya yang mudah, di dalam perangkat lunak ini tersedia berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk mengedit hingga menyunting tulisan. Meski kini banyak aplikasi serupa, namun karena kelengkapan fiturnya agaknya keberadaan Word belum bisa tergantikan.

Sebagai app yang populer, Anda bisa melakukan apa saja untuk membuat dokumen di dalam aplikasi ini. Misalnya seperti menerapkan cara kompres file Word.

Berbicara mengenai mengubah ukuran sebuah file dengan ekstensi "docx", idealnya Anda bisa memakai aplikasi atau situs pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk memperkecilnya. Akan tetapi, kalau Anda ingin melakukannya tanpa menggunakan aplikasi, ikuti panduannya di bawah ini:

1. Mengubah Ukuran Gambar

Perlu Anda ketahui, gambar dan grafik yang ditambahkan pada dokumen akan membuat ukurannya menjadi lebih besar. Dengan kata lain, agar ukuran file Word berkurang Anda perlu merubah ukurannya.

Saat mengoperasikan Microsoft Word, Anda bisa melakukan cropping picture pada gambar yang ditambahkan. Pastikan hanya bagian terpentingnya saja yang digunakan. Lalu buang gambar yang tidak diperlukan. Croping gambar merupakan salah satu cara kompres file Word yang cukup efektif. 

2. Gunakan Fitur Insert Gambar

Semakin banyak Anda menambahkan gambar ke dalam file, secara otomatis ukurannya akan menjadi lebih besar juga. Walau demikian, kalau Anda tetap ingin memasukkan gambar ke dokumen maka sebaiknya gunakan fitur Insert.

Dengan fitur tersebut, gambar yang Anda pilih bakal disisipkan. Sehingga, ukurannya akan ikut berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar berukuran kecil. Ini bertujuan agar file yang disimpan nantinya punya ukuran yang tidak begitu besar.

3. Kompres File Langsung di Microsoft Word

Jika Anda mencari cara kompres file Word yang lebih efektif, simak tutorialnya berikut ini:

  • Langkah pertama, buka file yang ingin Anda kurangi ukurannya di Microsoft Word.
  • Setelah itu, Anda bisa edit dan menyesuaikan beberapa bagian pada dokumen tersebut.
  • Kemudian di pojok kiri atas, buka File dan klik Save As.
  • Anda harus memilih lokasi penyimpannya dengan klik Browse.
  • Jangan buru-buru klik Save. Anda perlu klik Tool.
  • Lanjutkan dengan pilih opsi Compress Picture.
  • Aktifkan centang pada Deleted cropped areas of picture.
  • Lalu di bagian Resolution pilih Email (96 ppi).
  • Langkah berikutnya tinggal klik OK dan Save.
  • Tunggu sampai file tersimpan ke ruang penyimpanan.
  • Selamat, ukuran file Word milik Anda jadi lebih kecil.

4. Cara Kompres File Word Secara Online

Apabila Anda ingin metode yang lebih simpel dan praktis, coba unggah file Word ke aplikasi atau situs untuk mengurangi ukurannya. Misalnya situs bernama Docucompress.com.

Ikuti langkah-langkah untuk cara kompres file Word yang mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi browser di ponsel atau desktop.
  • Kunjungi alamat Docucompress.com.
  • Di situs tersebut klik tombol Select file to compress.
  • Kemudian pilih file yang ingin diubah ukurannya.
  • Jika sudah, tunggu sampai proses unggah dan kompres selesai.
  • Lalu klik tombol Download yang tersedia.

Demikian cara kompres file Word yang sangat mudah dilakukan. Beberapa tips di atas terbukti efektif dalam mengurangi ukuran file Word jadi lebih kecil.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait