Mengenal Pengertian Sudut Tumpul Beserta Contoh Soalnya

Tifani
Oleh Tifani
28 September 2022, 20:08
sudut tumpul
Katadata
Ilustrasi, sudut tumpul.

Sudut tumpul adalah salah satu jenis sudut yang bisa kamu pelajari dalam matematika di samping jenis-jenis sudut lainnya. Penggolongan jenis sudut ini didasarkan pada besarnya sudut yang dimiliki.

Selain sudut tumpul, ada sudut lancip, siku-siku, lurus, dan sudut refleks. Sebuah sudut dibentuk ketika dua garis yang berbeda bertemu di satu titik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudut adalah bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. Sudut sering dilambangkan dengan “<”. Misalnya sudut ABC pada suatu bidang maka penulisannya sama dengan

Jenis – jenis sudut dibedakan berdasarkan besaran derajat daerah sudutnya. Jenis sudut dibagi menjadi 5 jenis yaitu sudut siku – siku, sudut lurus, sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut refleks.

Sementara pengertian sudut tumpul adalah sudut yang besarnya diantara 90º dan 180º.

Besar Sudut Tumpul

Namun, bisa juga ukuran sudut tumpul besarannya 90º < α <180º , α, maka besaran ini bisa disebut dengan sebuah sudut yaitu tumpul. Dalam bahasa inggris sudut tumpul disebut "obtuse angle".

Pengukuran sudut tumpul dapat dilakukan dengan busur derajat. Cara mengukur sudut tumpul dengan busur derajat dengan meletakkan titik pusat busur pada titik sudut, memastikan salah satu kaki sudut berimpit dengan garis alas busur atau pada 0°, dan perhatikan angka yang berimpit pada busur derajat.

Jika angka yang berhimpit memiliki besaran 90° sampai dengan 180°, maka sudut ini adalah sudut tumpul.

Namun bila kurang dari 90° maka digolongkan menjadi sudut lancip. Sudut Tumpul berada di kuadran II, dimana sin bernilai positif, cos dan tan bernilai negatif.

Contoh sudut tumpul dalam benda-benda sekitar

Sudut tumpul dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Simak contoh sudut tumpul berikut.

  1. Jendela yang terbuka lebar
  2. Payung terbuka lebar
  3. Boomerang
  4. Jarum jam yang menunjukan pukul 4-5
  5. Kursi goyang
  6. Kursi malas
  7. Kursi pantai
  8. Laptop yang terbuka lebar
  9. Pintu kulkas yang terbuka lebar
  10. Atap rumah
  11. Gunting yang terbuka lebar

Contoh Soal Sudut Tumpul

Seperti namanya, sudut tumpul berbentuk hampir melengkung dan merupakan sudut yang berkebalikan dengan sudut lancip. Tanpa disadari, kita dapat menemukan benda – benda yang memiliki sudut tumpul di lingkungan sekitar.

Contoh barang yang memiliki sudut tumpul diantaranya laptop yang terbuka lebar, kursi pantai, boomerang, tenda kemah, dan jarum jam yang menunjukkan pukul 4 dan pukul 5.

Soal dan Pembahasan Sudut Tumpul

1. Besar penyiku suatu sudut 25°. Besar pelurus sudut tersebut adalah ...

(A) 65°
(B) 115°
(C) 135°
(D) 155°

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...