5 Cara Menghapus Watermark di Word secara Otomatis

Image title
28 September 2022, 21:19
cara menghapus watermark di Word
Katadata
Ilustrasi, watermark di Microsft Word.

Pada momen tertentu, Anda mungkin pernah menemukan file jenis docx yang memiliki watermark. Biasanya dokumen seperti ini isinya tidak bisa disalin atau diubah oleh Anda. Kalau begitu Anda memerlukan cara menghilangkan watermark di Word.

Watermark sendiri adalah sebuah tanda berupa tulisan atau gambar yang tersemat pada beberapa jenis file seperti foto, video, dan dokumen. Pemberian watermark bertujuan agar orang lain tidak boleh mengubah isi atau bentuk file tersebut.

Keberadaan watermark pada sebuah dokumen teramat penting, terutama untuk karya tulis ilmiah. Dengan adanya tanda semacam ini artinya dokumen tersebut adalah produk orisinal yang dibuat langsung oleh pengarangnya.

Meski begitu, terkadang keberadan watermark akan cukup mengganggu ketika Anda tengah mengedit dokumen sejenis ini. Bila Anda ingin tahu cara menghilangkan watermark di Word, selengkapnya simak ringkasan tutorialnya berikut ini.

Panduan Praktis Cara Menghapus Watermark di Word

Microsoft Word telah lama menghadirkan fitur untuk menambahkan sebuah watermark pada lembar kerja. Sehingga, penulis bisa menggunakannya agar dokumen yang dikerjakan tidak akan dicuri oleh orang lain.

Adanya sebuah watermark pada karya tulis ilmiah seperti skripsi, jurnal penelitian, tesis, dan sebagainya menandakan bahwa dokumen itu orisinil. Sebuah karya yang memenag disusun serta dibuat oleh penulis aslinya.

Selain menambahkan watermark, pengguna aplikasi Word seperti Anda dapat dengan mudah menghapus tanda tersebut. Dikutip dari laman Support Microsoft beserta sumber lainnya, berikut cara menghapus watermark di Word yang dapat Anda coba:

1. Cara Menghapus Watermark di Word 2007 dan 2010 untuk Windows

Untuk cara menghapus watermark di Word 2007 dan 2010 untuk komputer dengan sistem operasi Window, ikuti kiat-kiat singkat berikut ini:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...