Mengenal Model Atom Rutherford Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Tifani
Oleh Tifani
29 September 2022, 15:51
model atom Rutherford
Katadata
Ilustrasi, model atom.

Model atom Rutherford adalah salah satu teori atom yang digunakan untuk mengenali sifat dasar dari suatu benda. Dalam ilmu kimia, terdapat beberapa model atom lainnya selain model atom Rutherford.

Model atom Rutherford sendiri merupakan teori atom yang namanya diambil dari penemunya, yakni Ernest Rutherford. Model atom Rutherford dikembangkan oleh Ernest Rutherford pada 1911.

Teori ini menyangkal teori atom yang dikemukakan oleh J.J Thomson berdasarkan percobaan Geiger-Marsden yang dilakukan pada tahun 1909. Dari percobaan tersebut, ia menyatakan bahwa setiap muatan positif pada atom akan terkonsentrasi di ruang bernama nukleus atau inti atom, dan dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif yang melintasinya, sehingga menambah besaran volume.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, percobaan Geiger-Marsden dilakukan dengan menembakkan partikel alpha ke lapisan tipis keemasan. Partikel alpha yang terpancar melalui lubang di dapat menghasilkan hasil gambar yang tajam, sementara jika dipancarkan lewat mika justru akan buram.

Hal inilah yang membuat Rutherford mematahkan model atom Thomson, bahwa sebagian besar atom adalah ruang kosong yang kecil, padat, dan muatannya positif. Dikutip dari buku Rangkuman Rumus Matematika, Fisika & Kimia SMA karya Redaksi Kawan Pustaka, percobaan yang dilakukan oleh Rutherford menunjukkan adanya kekeliruan dalam model atom Thompson.

Isi Teori Model Atom Rutherford

Adapun penemuan yang dikemukakan oleh Rutherford terkait atom ialah sebagai berikut:

  1. Atom adalah bola berongga yang tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilinginya.
  2. Inti atom bermuatan positif. Selain itu, massa atom terpusat apda inti atom.
  3. Berdasarkan penemuannya, Rutherford mengibaratkan bahwa atom persis dengan sistem tata surya, yang mana matahari dikelilingi oleh planet-planet.
  4. Oleh karena itu, model atom Rutherford sering kali disebut sebagai model atom planet

Percobaan yang dilakukan oleh Rutherford kemudian menghasilkan model atom Rutherford sebagai berikut:

  • Sebagian besar ruangan dalam atom merupakan ruangan kosong.
  • Atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan hampir seluruh massa atom berpusat pada bagian inti.
  • Elektron beredar mengelilingi inti atom.
  • Jumlah muatan inti sama dengan jumlah muatan elektron yang bersifat netral.

Berkat penemuannya ini, Rutherford dinilai telah berjasa atas pengenalan konsep lintasan atau kedudukan elektron yang kelak disebut dengan kulit atom.

Kelebihan dan Kekurangan Model atom Rutherford

Sama halnya dengan teori atom lainnya, model atom Rutherford tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.Menurut Imam Rahayu dalam bukunya yang berjudul Praktis Belajar Kimia, berikut kelebihan dan kekurangan model atom Rutherford.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...