Mengintip Teori Atom Dalton dan Sejarahnya sebagai Teori Atom Tertua

Tifani
Oleh Tifani
29 September 2022, 13:12
teori atom Dalton
Katadata
Ilustrasi, teori atom Dalton.

Teori atom Dalton dikembangkan oleh John Dalton pada 1803 hingga 1809. Lewat teori atom Dalton ini, sang ilmuwan menyatakan atom adalah zat yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat-zat yang lebih sederhana atau lebih kecil.

Teori atom Dalton adalah pengembangan model atom modern pertama di dunia. Awalnya, gagasan soal atom diperkenalkan pertama kali oleh filsuf Yunani bernama Democritus.

Filsuf Yunani Democritus menyatakan bahwa atom adalah materi terkecil di alam semesta yang tidak bisa dibagi lagi. Ia menamainya dengan atomos. Dalam bahasa Yunani, "a" artinya tidak dan "tomos" artinya dipecah atau dibagi.

Ilustrasi Bentuk Atom dari Teori ATom Dalton
Ilustrasi Bentuk Atom dari Teori ATom Dalton (Katadata)

Kemudian beberapa ilmuwan lain mengembangkan teori atom, salah satunya yang dikembangkan John Dalton. Teori Atom Dalton adalah teori atom yang paling tua.

John Dalton adalah ilmuwan yang lahir pada 1776 dan wafat pada tahun 1884. Sosoknya populer karena memperkenalkan teori atom dalam bidang kimia.

Teori atom Dalton menyatakan bahwa atom adalah zat yang tidak dapat dibagi dan diuraikan menjadi zat-zat yang lebih kecil. Dikutip dari Modul Kimia SMA Kelas X yang disusun oleh Fadillah Okty Myranthika (2020), konsep teori atom yang dikembangkan Dalton yaitu digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal.

Isi Teori Atom Dalton

Dilansir dari Kimia Dasar (2018), teori atom Dalton didasarkan pada anggapan sebagai berikut :

  1. Semua benda terbuat dari atom Atom-atom tidak dapat dibagi maupun dipecah menjadi bagian lain
  2. Atom-atom tidak dapat dicipta maupun dihancurkan
  3. Atom-atom dari unsur tertentu adalah indentik satu terhadap lainnya dalam ukuran, massa, dan sifat-sifat yang lain, namun mereka berbeda dari atom-atom dari unsur-unsur yang lain
  4. Perubahan kimia merupakan penyatuan atau pemisahan dari atom-atom yang tak dapat dibagi

Asal-usul Teori Atom Dalton

John Dalton awalnya menyatakan atom seperti blok bangunan yang tersusun sehingga terbentuk struktur kimia. Ia mencetuskan teori atom Dalton ini lewat eksperimen salah satunya yaitu penelusuran terkait oksidasi dari senyawa timah yang dilakukan oleh Joseph Proust dan Antoine Lavoisier.

Dalton mempelajari penelitian ilmiah kedua ilmuwan tersebut dan menyebutkan bahwa semua pola dalam percobaan yang telah dilalui akhirnya membentuk satu atom dari senyawa timah. Hal tersebut memungkinkan potensi penggabungan atom oksigen.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...