Memahami Cara Membaca Komentar di Twitter yang Disembunyikan

Twitter menyediakan fitur bagi pengguna untuk melihat dan memberikan komentar pada sebuah tweet. Berikut ini tiga cara membaca komentar di Twitter.
Image title
4 Oktober 2022, 13:25
cara membaca lomentar di Twitter
Unsplash
Ilustrasi, tampilan media sosial Twitter.

Twitter merupakan salah satu platform populer dengan jutaan pengguna. Sama seperti platform lainnya, seseorang bisa membagikan berbagai aktivitas, melalui fitur tweet atau update status yang bisa dlihat secara publik.

Tidak hanya itu, seseorang juga bisa memberikan komentar pada setiap tweet yang dianggap menarik. Jika seseorang ingin melihat komentar lainnya pada tweet tersebut, juga bisa melakukannya dengan mudah.

Pada beberapa komentar di Twitter, ada yang tidak bisa dilihat secara langsung, karena penulis komentar tersebut disembunyikan oleh sistem Twitter. Namun, meski disembunyikan, komentar tersebut sebenarnya tetap bisa dibaca.

Cara Membaca Komentar di Twitter yang Disembunyikan 

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bila Anda sedang membaca komentar di sebuah tweet, pasti Anda pernah menemukan komentar Twitter yang disembunyikan. Biasanya hal ini dilakukan oleh Twitter karena komentar tersebut mengandung hal yang sensitif atau kurang pantas.

Advertisement

Fitur ini tergolong fitur baru sehingga banyak pengguna yang belum tahu atau kebingungan ketika melihat komentar tersebut. Bila Anda tertarik ingin mengetahui isi komentar yang disembunyikan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 

  • Pertama, buka aplikasi atau website Twitter melalui perangkat yang Anda miliki (Smartphone, Iphone, dan PC/Laptop).
  • Kemudian, lakukan login dengan mengetikkan username dan password akun Anda
  • Lalu, cari tweet yang ingin Anda lihat komentarnya. 
  • Anda bisa mencarinya melalui menu pencaran atau menjelajahi akun yang sudah anda follow sebelumnya. 
  • Setelah Anda menemukannya, klik ikon titik tiga yang ada di pojok atas postingan tersebut.
  • Kemudian, klik Lihat Balasan yang Disembunyikan untuk melihat komentar yang disembunyikan.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul semua komentar yang disembunyikan jika ada.
  • Selesai

Alasan Kenapa Tidak Bisa Melihat Komentar di Twitter

Tidak hanya komentar yang disembunyikan,Anda juga pasti pernah menemukan tulisan Tweet ini tidak tersedia pada kolom komentar. Hal ini tentu membuat Anda penasaran mengenai isi tweet tersebut.

Sebenarnya, ada alasan kenapa hal itu bisa terjadi. Berikut ini empat alasan tersebut.

1. Tweet dan Balasan Sudah Dihapus

Ini merupakan penyebab umum kenapa Anda tidak bisa melihat komentar di Twitter.  Tidak seperti Facebook dan Instagram, terkadang tweet yang dihapus masih meninggalkan jejak sehingga pengguna lain tahu bahwa sudah pernah ada tweet dan balasan sebelumnya.

Hal ini umum terjadi di Twitter dimana kolom komentar berisi banyak balasan yang tidak tersedia. Hal ini biasanya terjadi karena balasan tersebut sudah dibalas oleh pengguna lain sebelum dihapus.

2. Balasan Disembunyikan

Alasan berikutnya adalah kaera balasan terbaru disembunyikan oleh pemilik tweet tersebut.  Hal ini biasanya dilakukan pemilik tweet karena ia menemukan bahwa tweet nya tersebut mengandung konten yang sensitif yang bisa menimbulkan masalah dikemudian hari.

3. Akun Twitter di-Private

Alasan berikutnya adalah bisa jadi akun pemilik tweet tersebut di private sehingga hanya followersnya lah yang bisa melihat balasan dan tweet dari akun tersebut.

Ini bisa menjadi solusi bila Anda juga hanya ingin followers Anda melihattweet balasan Anda di sebuah postingan.   

4. Akun Anda Diblokir

Alasan terakhir adalah kemungkinan besar akun Anda sudah diblokir oleh pengguna yang membuat tweet dan balasan. Hal ini sangat sering terjadi, karena banyak pengguna Twitter yang hanya suka mengkritik tapi tidak mau dikritik balik.

Oleh karena itu, bila pengguna tersebut belum membuka blokir nyaa, maka Anda tidak akan bisa melihat balasan dari akun tersebut di manapun.

Sekilas tentang Cara Membaca Komentar di Twitter

Secara umum, cara membaca komentar di Twitter sebenarnya cukup mudah, dan bisa dilakukan lewat aplikasi yang sebelumnya diunduh di Play Store, untuk ponsel Android, maupun App Store, untuk sistem iOS. Selain itu, bisa juga dilakukan melalui personal computer (PC), baik desktop maupun laptop.

Berikut ini, cara membaca komentar di Twitter, yang bisa Anda lakukan melalaui smartphone, dan PC, baik desktop maupun laptop.

1. Cara Membaca Komentar di Twitter Melalui Smartphone 

Bila Anda sering menggunakan smartphone berbasis Android untuk mengakses Twitter, Anda bisa memanfaatkannya untuk membaca komentar. 

Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi nya di smartphone.  Jika belum, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store untuk Android atau di Apple Store untuk IOS. 

Berikut ini tutorialnya:

  • Pertama, buka aplikasi Twitter  melalui smartphone Anda.
  • Kemudian, lakukan login dengan mengetikkan username dan password akun Anda.
  • Setelah halaman Home muncul, cari tweet yang ingin Anda berikan komentar. 
  • Anda bisa mencarinya melalui menu pencaran atau menjelajahi akun yang sudah anda follow sebelumnya. 
  • Setelah Anda menemukannya, klik di area kosong pada tweet tersebut untuk memunculkan isi tweet secara full.
  • Kemudian, scroll kebawah untuk melihat kumpulan komentar yang ada di bagian bawah tweet.
  • Selesai

2. Cara Membaca Komentar di Twitter Melalui PC Desktop atau Laptop

Selain menggunakan aplikasi, banyak juga pengguna mengakses Twitter melalui laptop dengan membuka situsnya. Bila Anda memilih cara demikian, berikut ini cara membaca komentar di Twitter melalui laptop Anda.  

  • Pertama, buka website Twitter dengan mengunjungi laman https://twitter.com/ melalui web browser yang tersedia di laptop Anda. 
  • Kemudian, lakukan login dengan mengetikkan username dan password akun Anda.
  • Setelah halaman Home muncul, cari tweet yang ingin Anda berikan komentar. 
  • Anda bisa mencarinya melalui menu pencaran atau menjelajahi akun yang sudah anda follow sebelumnya. 
  • Setelah Anda menemukannya, klik di area kosong pada tweet tersebut untuk memunculkan isi tweet secara penuh.
  • Kemudian, scroll kebawah untuk melihat kumpulan komentar yang ada di bagian bawah tweet.
  • Selesai

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait