5 Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris Untuk Belajar Listening

Destiara Anggita Putri
4 Oktober 2022, 22:24
podcast bahasa inggris untuk belajar listening
Unsplash
Ilustrasi, belajar bahasa Inggris.

Ada banyak skill yang harus dipelajari jika Anda ingin bisa berbahasa Inggris secara fasih. Listening merupakan salah satu skill yang seringkali menjadi momok menakutkan. Hal ini dikarenakan tidak semua orang familiar dengan pengucapan bahasa Inggris sehingga mereka membutuhkan waktu untuk memahaminya. 

Jika Anda ingin mengasah skill listening, Anda perlu membiasakan diri untuk mendengarkan audio bahasa Inggris. Anda bisa latihan listening dengan menonton film, video di Youtube,atau mendengarkan podcast.

Mendengarkan podcast bisa menjadi metode latihan yang efektif karena dapat meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris (Listening dan Conversation) dan menambah wawasan Anda. Selain itu, metode ini juga cukup menyenangkan karena Anda bisa mendengarkannya sambil bekerja, memasak,  bersih-bersih, atau berolahraga.

Podcast Bahasa Inggris untuk Belajar Listening

Seperti telah disebutkan, saat ini aktivitas belajar bahasa Inggris tergolong dimudahkan, dengan banyaknya kanal untuk pembelajaran. Salah satunya, adalah podcast,

Saat ini, podcast bahasa Inggris bisa ditemukan dengan mudah di berbagai platform seperti Youtube, Apple Music, Joox, Spotify, dan lainnya. Sebagai referensi Anda, berikut ini lima rekomendasi podcast bahasa Inggris untuk belajar listening yang bisa Anda dengarkan. 

1. The English We Speak

The English We Speak merupakan podcast yang dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris langsung dari beberapa pakar bahasa Inggris terkemuka dari BBC (British Broadcasting Corporation). Podcast ini fokus pada frasa dan selang sehari yang sering diucapkan oleh orang-orang dan pastinya sangat membantu untuk melatih skill speaking Anda.

Podcast dari The English We Speak memiliki durasi sekitar 3-4 menit per episode dan biasanya dirilis setiap minggu. Ketika Anda mendengarkan episode podcast ini, Anda akan mendengarkan dua presenter yang sedang melakukan percakapan satu sama lain.

Kecepatan dalam pengucapan bahasa Inggris dalam podcast juga terbilang lebih lambat dari lainnya. Selain itu, setiap suku kata yang diucapkan dengan jelas sehingga dapat mempermudah Anda memahami materi dari setiap episode podcast tersebut.

2. Ted Talks Daily

Bila Anda suka menonton video-video inspiratif, tentunya nama Ted Talks sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, tidak hanya video, Ted Talks juga menghadirkan podcast yang bisa Anda jadikan media latihan listening Anda.

Podcast ini sendiri dipandu oleh pembawa acara dan jurnalis bernama Elise Hu. Tidak hanya itu, Ted Talks Daily juga menghadirkan tamu dari berbagai negara untuk membahas berbagai topik yang menarik mulai dari Artificial Intelligent hingga Zoology.

Dengan format seperti ini, Anda akan memiliki pengalaman mendengarkan para native dan non native dengan aksen yang berbeda-beda. Dengan mendengarkan podcast ini, Anda bisa mengasah skill bahasa Inggris sekaligus mendapatkan pengetahuan baru yang menarik.

3. Elementary Podcast by the British Council

Podcast ini berisi serangkaian podcast bahasa Inggris yang bisa didengarkan oleh pelajar tingkat pemula dan penengah.  Setiap episodenya memiliki durasi yang cukup panjang yaitu sekitar 25 menit.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...