6 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Mendengarkan lagu bisa menjadi metode yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Berikut enam rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris.
Image title
7 Oktober 2022, 06:30
Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris
Unsplash
Ilustrasi, seorang pria belajar bahasa Inggris dengan metode mendengarkan lagu.

Belajar bahasa Inggris seringkali diangap hal yang memusingkan bagi banyak orang. Alasannya banyak aspek yang harus dipelajari seperti kosakata, pengucapan, dan lain-lain. Maka tidak heran jika banyak orang berhenti di tengah jalan dalam proses belajar bahasa ini.

Sebenarnya, ada banyak metode belajar yang menyenangkan namun tetap efektif untuk dilakukan.  Salah satunya cara nya adalah dengan mendengarkan lagu.

Mungkin cara ini tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Namun sebenarnya mendengarkan lagu bisa menjadi metode yang efektif untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris. Alasannya adalah dengan metode ini Anda bisa menambah kosakata baru, melatih pengucapan, serta mempeajari tata bahasa dari lagu yang Anda dengar.

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak lagu yang bisa Anda pilih untuk belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Namun jika Anda masih bingung, Anda bisa mendengarkan rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris di bawah ini.

Advertisement

1. Taylor Swift - Begin Again

Jika Anda penggemar Taylor Swift, pastinya Anda akan merasa senang bila lagu ini ada di list lagu Anda untuk belajar bahasa Inggris. Faktanya hampir semua lagu dari penyanyi ini bisa dijadikan media latihan untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris Anda.

Alasannya adalah lirik lagu Taylor Swift banyak menggunakan bahasa sehari-hari serta memiliki alur cerita yang bisa langsung Anda pahami dengan mendengarkannya saja. Ketika mendengarkan lagu ini, sebaiknya Anda membaca liriknya juga agar Anda  bisa memahami cerita dalam lagu ini

Jika Anda baru mendengarkannya sekali dan bisa langsung memahaminya, itu berarti skill listening Anda sudah berkembang dengan baik. 

2. Ed Sheeran - Shape of You

JIka Anda penggemar Ed Sheeran, lagu ini pasti sudah sangat familiar bagi Anda. Lagu Shape of You sangat cocok bagi Anda yang ingin melatih aksen British Anda. Alasannya adalah Ed Sheeran merupakan penyanyi asal Inggris sehingga pelafalan lirik-lirik dalam lagu ini pastinya menggunakan aksen British.

Dengan mendengarkan lagu ini, Anda bisa menambah kosakata baru, misalnya kata jukebox yang berarti mesin pemutar musik. Alat ini sebenarnya sudah tidak sering dipakai walaupun kata itu sendiri masih umum didengar

Ada juga kata shot yang memiliki arti berbeda tergantung situasi. Namun, pada lagu ini, shot merujuk pada minuman beralkohol yang diminum sekali teguk.

3. Bruno Mars - The Lazy Song

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah The Lazy Song. Lagu ini cukup populer beberapa tahun silam.  Lagu The Lazy Song sendiri menceritakan tentang orang yang sedang malas dan tidak ingin melakukan pekerjaan apapun  ataupun meninggalkan rumah.

Tidak hanya memiliki tempo dan musik yang catchy, lagu ini juga bisa Anda jadikan media untuk belajar bahasa Inggris. Alasannya adalah lagu ini tidak menggunakan simple tense biasa melainkan future tense seperti ada lirik I am gonna kick my feet up and stare at the fan.

Jika Anda mempelajari lagu ini lebih dalam, maka Anda akan menyadari jika lagu ini bagus untuk belajar kosakata tentang  aktivitas yang dilakukan di dalam rumah. Selain itu, lagu ini juga memakai banyak bahasa populer.   

Mungkin pada awalnya bahasa populer ini akan sulit dimengerti di awal namun sebenarnya ini akan membantu menambah kosakata Anda.

4. Lorde - Royals

Rekomendasi lagu berikutnya adalah Royals yang dinyanyikan oleh Lorde. Ia sendiri merupakan penyanyi asal Selandia Baru yang dikenal karena  menggunakan gaya musik yang tidak konvensional dan penulisan lalu yang dalam. Berbeda dengan penyanyi lainnya yang kerap menulis lagu tentang cinta, Lorde justru menulis tentang masalah dunia.

Royals sendiri bercerita tentang perasaan bangga seseorang walaupun ia berasal dari keluarga yang sederhana. Ia juga tidak perlu bertingkah dan memiliki gaya hidup orang kaya atau terkenal untuk membuatnya bahagia.

Selain Itu, Lorde juga menggunakan referensi yang merujuk pada media yang kerap memuliakan gaya hidup mewah hingga membuat orang terpikat untuk masuk ke dalamnya. Alhasil, orang-orang pun menjadi terobsesi untuk selalu mengejar harta.

Lagu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah kosakata yang tidak umum. Anda juga bisa belajar dan memahami tentang tentang isu dunia melalui lirik-liriknya.

5. The Chainsmokes & Coldplay - Something Just Like This

Lagu yang cukup hits beberapa tahun lalu ini bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Walaupun penuh dengan metafora, lagu ini tetap menggunakan bahasa Inggris yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, lagu ini memiliki banyak vocabulary yang berkaitan dengan dongeng, seperti myth, testament. legend atau eclipse. Tentunya dengan mendengarkan lagu ini kosakata Anda akan semakin bertambah. 

6. Tangled - When Will My Life Begin

Tidak hanya lagu dari penyanyi, Anda juga bisa menggunakan OST animasi Disney untuk belajar bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan  OST dari film Tangled ini.

Lagu yang dinyanyikan oleh Mandy Moore ini menceritakan aktivitas sehari-hari Rapunzel yang tentunya menggunakan bahasa Inggris yang cukup sederhana. Selain itu, pronunciation dalam lagu ini juga sangat jelas sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan saat mendengarkannya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait