6 Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Destiara Anggita Putri
7 Oktober 2022, 06:30
Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris
Unsplash
Ilustrasi, seorang pria belajar bahasa Inggris dengan metode mendengarkan lagu.

Belajar bahasa Inggris seringkali diangap hal yang memusingkan bagi banyak orang. Alasannya banyak aspek yang harus dipelajari seperti kosakata, pengucapan, dan lain-lain. Maka tidak heran jika banyak orang berhenti di tengah jalan dalam proses belajar bahasa ini.

Sebenarnya, ada banyak metode belajar yang menyenangkan namun tetap efektif untuk dilakukan.  Salah satunya cara nya adalah dengan mendengarkan lagu.

Mungkin cara ini tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Namun sebenarnya mendengarkan lagu bisa menjadi metode yang efektif untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris. Alasannya adalah dengan metode ini Anda bisa menambah kosakata baru, melatih pengucapan, serta mempeajari tata bahasa dari lagu yang Anda dengar.

Rekomendasi Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak lagu yang bisa Anda pilih untuk belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Namun jika Anda masih bingung, Anda bisa mendengarkan rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris di bawah ini.

1. Taylor Swift - Begin Again

Jika Anda penggemar Taylor Swift, pastinya Anda akan merasa senang bila lagu ini ada di list lagu Anda untuk belajar bahasa Inggris. Faktanya hampir semua lagu dari penyanyi ini bisa dijadikan media latihan untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggris Anda.

Alasannya adalah lirik lagu Taylor Swift banyak menggunakan bahasa sehari-hari serta memiliki alur cerita yang bisa langsung Anda pahami dengan mendengarkannya saja. Ketika mendengarkan lagu ini, sebaiknya Anda membaca liriknya juga agar Anda  bisa memahami cerita dalam lagu ini

Jika Anda baru mendengarkannya sekali dan bisa langsung memahaminya, itu berarti skill listening Anda sudah berkembang dengan baik. 

2. Ed Sheeran - Shape of You

JIka Anda penggemar Ed Sheeran, lagu ini pasti sudah sangat familiar bagi Anda. Lagu Shape of You sangat cocok bagi Anda yang ingin melatih aksen British Anda. Alasannya adalah Ed Sheeran merupakan penyanyi asal Inggris sehingga pelafalan lirik-lirik dalam lagu ini pastinya menggunakan aksen British.

Dengan mendengarkan lagu ini, Anda bisa menambah kosakata baru, misalnya kata jukebox yang berarti mesin pemutar musik. Alat ini sebenarnya sudah tidak sering dipakai walaupun kata itu sendiri masih umum didengar

Ada juga kata shot yang memiliki arti berbeda tergantung situasi. Namun, pada lagu ini, shot merujuk pada minuman beralkohol yang diminum sekali teguk.

3. Bruno Mars - The Lazy Song

Rekomendasi lagu untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah The Lazy Song. Lagu ini cukup populer beberapa tahun silam.  Lagu The Lazy Song sendiri menceritakan tentang orang yang sedang malas dan tidak ingin melakukan pekerjaan apapun  ataupun meninggalkan rumah.

Tidak hanya memiliki tempo dan musik yang catchy, lagu ini juga bisa Anda jadikan media untuk belajar bahasa Inggris. Alasannya adalah lagu ini tidak menggunakan simple tense biasa melainkan future tense seperti ada lirik I am gonna kick my feet up and stare at the fan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...