6 Tips Minum Kopi yang Benar dan Aman untuk Kesehatan

Destiara Anggita Putri
7 Oktober 2022, 22:07
tips minum kopi
Unsplash
Ilustrasi, minuman kopi.

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang di dunia. Minuman ini sendiri terbuat dari biji kopi yang memiliki cita rasa yang pahit. Tidak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan yang menyehatkan bagi tubuh.

Namun, semua itu bisa diperoleh bila kopi dikonsumsi dengan cara yang benar. Bila Anda penggemar kopi yang tetap ingin hidup sehat, silahkan simak 6 tips minum kopi di bawah ini.

1. Hindari Minum Kopi di atas jam 2 Siang

Bila Anda ingin lebih sehat, hindari melakukan hal ini. Alasannya adalah adanya sebuah penelitian yang membuktikan bahwa minum kopi di atas jam 2 siang hanya  akan mengganggu jam tidur malam Anda. 

Penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumsi 400 g kafein 0,3, dan 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan, bila Anda minum kopi 6 jam sebelum tidur maka durasi tidur Anda akan berkurang lebih dari satu jam.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mulai minum kopi tanpa kafein atau teh yang kandungan kafeinnya lebih sedikit daripada kopi biasa. Atau Anda bisa minum teh hijau sebagai pengganti untuk menenangkan pikiran.

Solusi lainnya adalah Anda bisa menyesuaikan batas minum kopi pada siang atau sore dengan jam tidur Anda. Misalnya, bila Anak terbiasa tidur pukul 9 malam, maka batas terakhir Anda minum kopi adalah jam 4 sore. 

2. Kurangi atau Hindari Gula Sebagai Pemanis

Banyak orang termasuk Anda mungkin suka  menambahkan gula sebagai pemanis untuk kopi. Rupanya cara ini tidak benar. Seharusnya Anda mengurangi atau tidak menambahkan gula karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Namun hal ini tentunya sangat sulit bagi Anda yang tidak kuat atau tahan dengan rasa pahit dari kopi. Oleh karena itu, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pemanis alami, seperti gula, madu, kelapa atau stevia. Walaupun pemanis alami ini mengandung kalori, tapi kandungannya tidak sebanyak gula sehingga kadar gula darah Anda tidak akan meningkat secara drastis.

Solusi lainnya adalah Anda bisa mulai mengkonsumsi kopi yang agak encer daripada yang kental. Anda tetap bisa menambahkan gula tapi seperlunya saja. Anda juga bisa menggunakan gula diet agar tidak banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda. 

3. Tambahkan Kayu Manis 

Anda bisa membuat kopi yang lebih sehat dengan dengan menambahkan kayu manis. Tidak hanya membuat kopi terasa lebih enak, kayu manis juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Penelitian dari jurnal Pharmacotherapy berhasil membuktikan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua. Selain itu, kayu manis diketahui juga dapat menstabilkan kadar gula darah didalam tubuh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...