Memahami Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Iklan Kolom

Ghina Aulia
10 Oktober 2022, 13:54
contoh iklan kolom.
pexels/cottonbro
Ilustrasi, contoh iklan kolom.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak terlepas dari iklan, baik yang menghiasi layar kaca lewat televisi (TV), maupun media massa, baik cetak maupun digital. Salah satu contoh iklan yang sering dilihat, adalah contoh iklan kolom.

Iklan kolom sendiri merupakan teknik pemasangan iklan berbentuk iklan. Berbeda dengan iklan baris, dalam iklan kolom memuat grafis atau gambar, selain tentunya tulisan yang menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan.

Advertisement

Secara umum, contoh iklan kolom pada umumnya berisi judul, nama produk/isi konten, kalimat deskripsi, dan kontak, yang disertai dengan gambar artau grafis. Dari segi ukuran, iklan kolom tidak memiliki standar yang kaku.

Ciri-ciri Iklan Kolom dan Perbedaannya dengan Iklan Baris

Mengutip 99.co, iklan kolom memiliki sejumlah ciri-ciri, yang membedakannya dengan iklan jenis lain, misalnya iklan baris. Ciri-ciri yang dimaksud, antara lain:

  1. Berisi konten visual gambar yang disertai kata tau kalimat yang cenderung singkat.
  2. Ukurannya relatif besar.
  3. Berisi promosi produk, jasa, atau ucapan-ucapan.
  4. Dimuat pada surat kabar atau koran.
  5. Membutuhkan beberapa kolom yang bahkan bisa memakan satu halaman surat kabar.
  6. Bertujuan untuk membujuk, mengajak, menginformasikan dan menawarkan. Tergantung isi kontennya.

Keberadaan komponen visual menjadi perbedaan yang paling mencolok antara iklan kolom dan iklan baris. Ketika iklan baris hanya berisi tulisan-tulisan pendek, yang disingkat sedemikian rupa, iklan kolom justru lebih menarik, sebab umumnya disertai potret produk yang dipromosikan.

Cukup singkat, sepertinya iklan kolom dapat menjadi salah satu metode promosi yang bisa digunakan. Sangat cocok untuk pelaku usaha yang ingin memasarkan produk atau jasa dengan tidak bertele-tele, namun tetap menarik.

Contoh iklan kolom banyak ditemui di surat kabar, yang merupakan salah satu media massa yang sampai sekarang diminati kalangan tertentu, khususnya orang-orang dewasa.

Meski sudah ada media digital yang perkembangannya tergolong pesat, ternyata autentiknya surat kabar akan memberikan pengalaman lain ketika dibaca. Menariknya, masih banyak media lokal mau pun nasional yang konsisten memproduksinya setiap hari.

Tak hanya di surat kabar, contoh iklan kolom juga dapat ditemui pada media cetak lainnya, yakni majalah. Umumnya berada pada halaman-halaman penghujung, pembaca dapat menemukan iklan yang terpampang.

Salah satu poin yang mencolok adalah sisi menarik yang iklan ini. Visual yang mentereng sangat menggambarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, minat pembaca juga kemungkinan lebih tinggi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement