Memahami Rumus Impuls dan Momentum Beserta Contoh Soalnya

Dwi Latifatul Fajri
10 Oktober 2022, 17:56
rumus impuls dan momentum
The Organic Chemistry Tutor
Ilustrasi, hubungan rumus impuls dan momentum.

Rumus impuls dan momentum dipakai untuk menghitung pergerakan benda. Impuls dan momentum termasuk besaran vektor yang memiliki nilai dan arah. Impuls adalah perubahan momentum suatu benda.

Sedangkan momentum adalah besaran yang dimiliki benda bergerak. Besaran momentum ini bergantung pada kecepatan dan massa dari benda tersebut.

Momentum dan impuls saling berkaitan, karena impuls sama dengan perubahan momentum benda. Jika disimpulkan hubungan momentum dan impuls adalah I = p.

Impuls dan Momentu
Impuls dan Momentu (books.google.co.id)

Rumus Impuls

Impuls adalah gaya untuk memindahkan benda dari keadaan diam menjadi bergerak. Impuls membutuhkan interval waktu tertentu dan masuk besaran vektor. Impuls dinyatakan sebagai hasil kali gaya (F) dan selang waktu.

Gaya pada benda menyebabkan perubahan kecepatan dan arah gerak. Jadi, impuls menyebabkan perubahan momentum. Contohnya saja perubahan gerakan bola ketika ditendang. Maka gerak dan kecepatan akan berubah.

Secara matematis, rumus impuls, adalah sebagai berikut:

I = F.Δt

Keterangan:

I : impuls (Ns)

F : gaya impulsif (N)

Δt : perubahan waktu (s)

Contoh Soal Impuls

Sebuah bola bermassa 20 gram dengan kecepatan v1= 4 m/s ke kiri. Bola membentur ke tembok, kemudian memantul dengan kecepatan v2 = 2 m/s ke kanan. Besaran impuls menghasilkan adalah ... Ns.

I = F.Δt
I = m(V2-V1)
I = 0,02(2-(-4)) = 0,12 Ns

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...