4 Cara Membedakan Jenis Kelamin Kucing yang Penting untuk Diketahui

Destiara Anggita Putri
11 Oktober 2022, 21:06
cara membedakan jenis kelamin kucing
Unsplash
Ilustrasi, kucing jantan dan betina.

Memelihara kucing adalah tanggung jawab yang besar. Ada banyak kesulitan yang harus Anda lalui untuk merawat kucing Anda agar tetap sehat.

Bila Anda baru saja memelihara kucing, Anda perlu mengetahui jenis kelamin mereka. Hal ini penting karena kucing jantan dan betina tentunya memiliki treatment yang berbeda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari pasangan mereka dengan lebih mudah bila ingin kucing Ana berkembang biak.

Bila Anda tidak tahu cara membedakannya, Ada beberapa karakteristik dari kucing yang bisa dijadikan acuan. Berikut empat cara membedakan jenis kelamin kucing yang bisa Anda perhatikan.

1. Warna

Cara membedakan jenis kelamin kucing pertama adalah dari warna nya. Mungkin hal ini terdengar remeh namun warna  bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk mengetahui jenis  kelamin hewan peliharaan Anda tersebut. Kucing dapat memiliki bulu warna  tertentu karena adanya faktor genetik dimana kromosom berperan dalam menentukan warna kucing.

Menurut Jurnal Washington State University, Jika kucing memiliki bulu campuran hitam, putih, dan oranye, maka kucing tersebut bisa dipastikan adalah kucing betina. Namun, jika kucing tersebut memiliki warna bulu yang cenderung oranye putih maka kucing tersebut adalah kucing jantan.

Di sisi lain, ada  juga beberapa kasus langka dimana kucing jantan memiliki bulu tiga warna. Biasanya  hal ini disebabkan oleh kelainan genetik dan kromosom  pada kucing tersebut. 

2. Perilaku

Tidak hanya warna, Anda juga bisa mengetahui perbedaan jenis kelamin kucing Anda melalui perilaku mereka. Sama seperti manusia, tentunya kucing jantan dan betina memiliki perbedaan perilaku yang bisa Anda jadikan acuan yang tepat.

Hal ini juga bisa Anda terapkan pada anak kucing. Bila Anda memiliki anak kucing yang suka berkeliaran dan agresif, itu berarti anak kucing tersebut adalah jantan. Disisi lain, jika anak kucing Anda lebih suka mengeong daripada bergerak maka anak kucing adalah betina.

Semakin beranjak besar maka perilaku kucing Anda akan semakin terlihat. Salah satunya dari kebiasaan mereka buang air.kecil. 

Kucing jantan dewasa  bisanya suka menyemprotkan air kencingnya secara agresif. Haal ini mereka lakukan untuk menandai wilayah kekuasaannya khususnya jika berada di area yang banyak kucing jantan lain. Tidak hanya itu, mereka juga biasanya sering kabur dari rumah selama beberapa hari. 

Di sisi lain, kucing betina lebih gaampang dikenali perilakunya saat birahi. Biasanya,  mereka akan lebih sering mengeong untuk menarik perhatian kucing jantan.  selain itu, mereka juga sering menggerakan ekor ke samping tubuhnya untuk menunjukkan alat kelamin atau merenggangkan tubuh. 

3. Alat Kelamin

Cara membedakan jenis kelamin kuicng selanjutnya adalah dari alat kelamiannya. Cara ini terkadang bisa sulit dilakukan jika alat kelamin kucing tertutup oleh bulu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...